Sebelumnya kita sudah membahas mengenai apa saja strategi yang terbaik untuk meningkatkan penjualan toko online. Kali ini kita akan membedah masing-masing strategi untuk menguatkan Anda dalam menjalani bisnis online dengan baik. Salah satu strategi yang kita bahas adalah membuat katalog yang unik dan menarik.
Katalog adalah sebuah list atau daftar berisi produk atau jasa yang dijual dan memberikan informasi mengenai harga serta promo pada masa tertentu. Contoh katalog manual ini dapat banyak dijumpai di beberapa supermarket maupun minimarket. Namun, katalog manual ini tidak dapat menjangkau secara luas karena berpatokan dengan jumlah kuota ekseplar yang dicetak oleh pebisnis.
Katalog manual juga bisa tidak tepat sasaran, biaya yang dikeluarkan untuk membuat katalog tidak berbanding lurus dengan feedback yang di dapat oleh perusahaan. Biaya yang di keluarkan pun menjadi sia-sia. Ditambah lagi harus terus menerus mencetak kembali, karena katalog manual memiliki tanggal expired.
Baca Juga: Strategi Meningkatkan Toko Online Anda
Atas dasar pemikiran itu, saat ini para web developer dan pengusaha memutuskan untuk membuat e-Katalog. E-katalog adalah sebuah sistem informasi dari sebuah katalog yang berisi mengenai daftar produk atau jasa, jenis, merk, spesifikasi teknis, harga dan jumlah barang atau jasa yang tersedia, yang dapat di akses secara digital.
E-catalogue tidak memiliki tanggal expired, karena bisa di revisi kapan saja, sehingga tidak perlu terus menerus mencetak ulang seperti pada katalog manual. Tentunya katalog elektronik ini dapat menekan biaya overhead, karena tidak harus melakukan printing, sehingga bisa menambah sedikit profit.
For your informations, saat ini semakin banyak perusahaan-perusahaan yang menggunakan e-katalog untuk memasarkan produk mereka, karena dinilai lebih efektif. Nah, kondisi ini tentunya sangat baik untuk Anda yang ingin memulai toko online serta mengembangkan bisnis.
Manfaat eKatalog
Selain bermanfaat untuk bisnis Anda, e-Katalog juga punya manfaat besar untuk konsumen, berikut penjelasannya yang dikutip dari berbagai sumber.
1. Mudah di Akses Konsumen
Adanya e-katalog membantu konsumen untuk menghemat waktu dalam menentukan dimana mereka memutuskan untuk membeli barang tersebut dan barang apa yang akan dibeli. Hanya dengan 1 perangkat, mereka dapat melihat beberapa e-katalog sekaligus dari beberapa toko atau supplier.
Kebiasaan konsumen yang sering membandingkan harga, akan lebih mudah dengan menggunakan katalog elektronik ini. Tidak perlu repot-repot pindah atau bertanya dari satu tempat ke tempat yang lain, yang tentunya selain membuang waktu juga membuang tenaga dan menambah biaya lain, seperti bahan bakar atau biaya telepon.
2. Update dan Efisien
Jika diperhatikan, katalog yang masih menggunakan kertas akan selalu ada masa nya sendiri. Dalam arti, foto produk, harga dan promo dalam katalog tersebut hanya berlaku pada waktu tertentu. Setelah melewati masa itu, maka katalog manual itu tidak akan berguna lagi.
Tetapi dengan menggunakan e-katalog, konsumen atau masyarakat akan terus update terhadap perkembangan barang atau jasa yang ingin mereka lihat. Tidak ada lagi katalog yang tidak berlaku atau expired, karena e-catalogue terus akan di update setiap ada perubahan. Setiap konsumen mengakses, maka saat itu juga adalah update terbaru dari toko atau supplier yang di lihat.
3. Transparan & Mudah Didapat
Beberapa kasus pernah terjadi di proses jual beli, bahwa harga yang ada pada katalog tidak sama dengan yang ada pada kasir. Setelah diprotes, akan selalu ada alasan untuk membela diri, salah satunya dengan alasan “ada kesalahan pada katalog”.
Seperti yang dijelaskan sebelumnya, e-katalog akan selalu menjadi update-an terbaru. Oleh karena itu, informasi barang dan jasa yang ada di dalamnya selalu transparan.
Pihak lain tidak bisa lagi menyela atau bahkan mengambil keuntungan, dengan menjual barang atau jasa tersebut lebih mahal untuk alasan pribadi. Informasi yang terdapat pada e-katalog berarti telah disetujui oleh pihak perusahaan yang berwenang dan dianggap sah.
Jika pada kenyataannya, ada beberapa oknum yang tidak memberikan barang atau jasa sesuai dengan informasi yang dimuat pada e-katalog, maka konsumen memiliki hak untuk protes atau bahkan sampai membawa ke jalur hukum.
Degan kondisi yang transparan ini, konsumen juga tidak perlu repot untuk memilih supplier (jika kondisinya untuk dijual kembali), karena biasanya di dalam e-catalogue akan terpampang harga khusus untuk pembelian dalam jumlah grosir. Jadi konsumen bisa mengetahui potongan harga bila membeli dalam jumlah tertentu, tanpa perlu bingung dan bertanya melalui telepon lagi.
4. Meningkatkan Performa Pengadaan Barang
Melalui e-katalog khususnya untuk pengadaan barang dan jasa, konsumen akan lebih mudah melakukan kesepakatan harga, termin waktu pembayaran atau kesepakatan lainnya. Selain itu, e-catalogue lebih efektif karena menghemat waktu, sebab membantu mempercepat proses pengadaan sehingga produktivitas juga bisa meningkat. Konsumen bisa dengan cepat mengolah kembari barang tersebut untuk kemudian dijual kembali.
Baca Juga: Kiat-Kiat Membangun Toko Online Untuk Pemula
Penutup
Nah, demikian penjelasan tentang strategi meningkatkan toko online Anda. Perlu diingat, untuk Anda yang ingin membuat toko online secara nasional jangan lupa pasang internet yang mumpuni. Cyberlink Networks, merupakan ISP Bekasi, hadir dengan Layanan High Speed Internet.
Layanan ISP Bekasi ini tidak hanya memberikan koneksi internet cepat dan stabil, tetapi juga di dukung oleh Customer Support responsif yang selalu siap membantu mengatasi permasalahan koneksi internet Anda.
Selain itu, demi menunjang aktivitas bisnis pelanggan, Cyberlink memberikan jaminan konektivitas hingga 99% uptime. Dengan di dukung oleh 3 link backbone yang terhubung dalam data center, ISP Bekasi ini menjamin koneksi internet di perusahaan Anda akan menjadi lebih cepat dan stabil.
Apabila koneksi internet Anda tidak mencapai SLA 99% uptime setiap bulannya, Anda akan mendapat potongan biaya berlangganan internet.