Sebagai pebisnis, Anda tentunya menginginkan toko online yang sudah dibangun kebanjiran pengunjung dan produk laris manis. Namun, untuk mencapai hal tersebut, Anda tentunya harus memiliki strategi yang maksimal, mulai dari menyusun konsep promosi dan mempraktikkan strategi pemasaran bisnis.
Beberapa Strategi Diantaranya
Anda tentunya dituntut harus pandai dalam menentukan strategi bisnis yang digunakan untuk membuat bisnis Anda mampu bersaing dengan kompetitor lainnya. Berikut ini kami sampaikan beberapa strategi untuk memaksimalkan toko online yang dikutip dari berbagai sumber.
1. Buat katalog yang unik dan menarik
Cara yang pertama yang bisa Anda lakukan yaitu membuat katalog di halaman situs dengan dan semenarik mungkin. Tapi jika di sini Anda menjual barang yang diproduksi sendiri, maka perlu membuat katalog untuk produk-produk tersebut sebagus mungkin. Daya jual suatu produk nyatanya juga dipengaruhi oleh iklan serta katalog yang menarik.
Baca Juga: Buat e-Katalog Yang Menarik
Anda bisa memanfaatkan jasa seorang fotografer profesional untuk membuatnya terlihat lebih berkelas agar para konsumen jadi percaya terhadap produk tersebut. Atau bisa juga mengelola tim sendiri untuk melakukan pengambilan gambar produk yang akan ditampilkan dalam katalog.
2. Optimalkan SEO
Toko online yang memiliki Search Engine Optimization (SEO) yang baik tentunya akan ditampilkan di halaman pertama pencarian Google. Banyak sekali keuntungan ketika toko online Anda berada di halaman pertama. Karena memang kecenderungan orang lebih suka mengunjungi website yang berada di halaman pertama kolom pencarian.
Oleh karena itu, memanfaatkan serta mengoptimalkan penggunaan fitur search engine optimization sangat dibutuhkan. Dengan melakukan pengoptimalan tersebut manfaat yang bisa Anda dapat tidak hanya situs berada di halaman pertama saja, melainkan juga efektif dalam kegiatan-kegiatan soft selling bisnis online.
3. Buat kolom pencarian yang mudah ditemukan
Hal lain yang juga berpengaruh dalam meningkatkan kenyamanan dari para pengunjung di toko online Anda yaitu adanya fitur pencarian. Buatlah tampilan untuk kolam pencarian semudah mungkin untuk ditemukan oleh para pengunjung.
Pastikan juga data yang nantinya dihasilkan oleh kolom pencarian akurat, sehingga para pengunjung bisa dengan mudah menemukan barang yang mereka cari.
4. Desain Responsif
Memiliki desain yang responsif tentu sangat menguntungkan bagi Anda. Desain responsif ini merupakan kemampuan sebuah situs untuk dapat menampilkan diri berdasarkan jenis perangkat yang dipakai dalam mengaksesnya. Ketika para pengguna membuka halaman website menggunakan PC, maka disini situs akan memberikan tampilan seluas layar.
Begitu juga ketika situs diakses melalui perangkat smartphone, maka Anda bisa melihatnya pas dengan layar dari ponsel. Dengan begitu desain responsif ini memang sangatlah diperlukan karena akan membuat para pengunjung lebih mudah dan nyaman saat menjelajahi situs. hal tersebut pada akhirnya akan meningkatkan traffic kunjungan.
5. Buatlah proses transaksi sepraktis mungkin
Selanjutnya ciptakan kondisi yang dapat memudahkan bagi para pengunjung untuk melakukan transaksi. Buatlah proses check out maupun order yang tersedia di laman situs toko online Anda cukup mudah dilakukan untuk meningkatkan winning campaign.
Dengan begitu tentunya akan memberikan pengalaman yang praktis dan mudah bagi para pengunjung saat ingin melakukan transaksi. Upayakan pengelolaan customer service telah anda lakukan dengan tepat.
6. Maksimalkan penggunaan medsos.
Meskipun Anda telah memiliki website sebagai sarana jualan online Anda bukan berarti Anda tidak perlu lagi memanfaatkan media sosial. Penggunaan media sosial ini juga masih sangat penting karena bisa menjadi jembatan penghubung antara para konsumen dengan Anda.
Terlebih saat ini juga semakin banyak para pengguna layanan internet yang menggunakan sosial media untuk mencari barang yang dibutuhkan. Oleh karena itu, Anda bisa memaksimalkan penggunaan media sosial, baik itu Facebook, Instagram, Twitter dan lain-lain.
Penutup
Nah, demikian penjelasan bagaimana memaksimalkan toko online Anda. Perlu diingat, untuk Anda yang ingin membuat toko online secara nasional jangan lupa pasang internet yang mumpuni. Cyberlink Networks hadir dengan Layanan Cyberlink High Speed Internet. Layanan ini tidak hanya memberikan koneksi internet cepat dan stabil, tetapi juga di dukung oleh Customer Support responsif yang selalu siap membantu mengatasi permasalahan koneksi internet Anda.
Selain itu, demi menunjang aktivitas bisnis pelanggan, Cyberlink memberikan jaminan konektivitas hingga 99% uptime. Dengan di dukung oleh 3 link backbone yang terhubung dalam data center, Cyberlink menjamin koneksi internet di perusahaan Anda akan menjadi lebih cepat dan stabil. Apabila koneksi internet Anda tidak mencapai SLA 99% uptime setiap bulannya, Anda akan mendapat potongan biaya berlangganan internet.