Direct Sales : 0815 1357 6877
Customer Support : 021 - 8068 2777
  : 021 - 8896 4503
Direct Sales : 0815 1357 6877
Customer Support : 021 - 8068 2777
021 - 8896 4503

Seberapa Besar Bandwidth yang Anda Butuhkan di Kantor?

Kehidupan kantor saat ini memang sudah tidak bisa terlepas dari internet. Penggunaannya sangat beragam, entah hanya sekedar untuk mengirim email antar rekan kerja, melakukan transaksi di online banking, sampai mengunduh dan mengunggah file-file besar untuk kebutuhan kantor. Kebanyakan usaha bisnis bahkan sudah mulai memindahkan semua aplikasinya ke dalam internet (cloud). Oleh sebab itu, untuk memaksimalkan proses tersebut, kantor Anda sebaiknya memiliki jumlah bandwidth yang tepat.

Besaran bandwidth tidak bisa terlalu kecil atau terlalu besar. Bandwidth yang terlalu kecil hanya akan menghambat produktivitas karyawan. Bayangkan saja berapa banyak rupiah yang harus hilang karena sebuah dokumen penting terlambat diunggah. Para karyawan pun tidak bisa berbuat banyak karena harus menunggu dokumen itu dimuat selama berjam-jam. Begitu pula sebaliknya, bandwidth yang terlalu besar hanya membuat anggaran membengkak dan merugikan perusahaan.

Untuk menentukan seberapa besar bandwidth yang Anda butuhkan di kantor, Anda harus menentukan beberapa hal sederhana. Yang pertama, lakukanlah sedikit riset yang mengukur seberapa banyak bandwidth yang digunakan oleh karyawan sehari-hari. Anda perlu menjadi seorang peneliti ahli ketika melakukan ini, cukup perkirakan saja seberapa besar penggunaan internet dalam kantor Anda. Penggunaan tersebut meliputi: email, layanan cloud, online banking, online research atau browsing web yang berat, VOIP, mengunduh atau menggunggah file besar, online backup, dan akses jarak jauh atau VPN.

Dikutip dari bandwidth pool, kebanyakan kantor akan masuk dalam kategori “Moderate” atau “Multi-Media” jika dihitung dari Bandwidth Calculator miliknya. “Moderate” berarti penggunaan internet hanya untuk mengunduh beberapa file, streaming musik dan video, menggunakan layanan cloud, dan VOIP. Sementara “Multi-Media” merujuk pada penggunaan internet untuk mengunduh file-file berukuran besar dan konferensi web interaktif. Bandwidth Calculator juga memiliki dua kategori lainnya, yaitu Light (internet untuk email dan browsing web) dan Power User (permintaan bandwidth tinggi karena penggunaan aplikasi berbasis internet yang intens).

Hal kedua yang Anda harus lakukan dalam menentukan besaran bandwidth adalah menimbang ulang seberapa besar bandwidth yang benar-benar kantor Anda butuhkan, bukan seberapa besar bandwidth yang biasa kantor Anda gunakan. Ada perbedaan yang mendasar bukan? Bisa saja sebenarnya kantor Anda masuk dalam kategori “Power User”, namun karena keterbatasan yang ada selama ini, maka terpaksa harus masuk dalam kategori “Moderate”. Oleh sebab itu, riset Anda tidak boleh hanya sebatas pada apa yang dilakukan oleh para karyawan Anda di Internet selama ini, tetapi juga tentang apa yang ingin mereka lakukan, dan apa yang Anda rasa harus mereka lakukan.

Hal ketiga yang bisa Anda lakukan berkaitan dengan hosting website. Hitunglah seberapa besar pages dalam website Anda, menganalisis tingkat lalu lintas saat ini atau target lalu lintas ke depannya, dan hal-hal apa saja yang Anda ingin lakukan ketika kemudahan dan kecepatan internet sudah didapatkan. Untuk mendapatkan jawaban terbaik atas pertanyaan-pertanyaan tersebut, Anda bisa berkonsultasi dengan para profesional.

Setelah Anda mengetahui besaran bandwidth yang tepat untuk kantor Anda, bandingkanlah dengan besaran bandwidth yang telah Anda miliki selama ini. Jika memang harus ditambah dan hal tersebut tidak menganggarkan terlalu banyak biaya, maka lakukanlah. Begitu pula jika besaran bandwidth kantor Anda terlalu besar, segeralah ucapkan selamat tinggal pada biaya pengeluaran ribuan megabyte tiap bulannya.

2017-09-26T14:08:54+00:00 By |High Speed Internet Access|