Mengenal Peranan Google Bisnisku Terhadap Bisnis Kecil dan Besar
Tak dapat dipungkiri jika saat ini hampir semua pengusaha di Indonesia sudah melek teknologi, terutama internet, untuk mengembangkan bisnisnya. Salah satu platform yang menjadi andalan para pebisnis adalah Google. Ya, sejak berdiri tahun 4 September 1998, Google menjadi mesin pencari nomor 1 di dunia karena hampir rata-rata masyarakat dunia pada umumnya dan masyarakat Indonesia pada khususnya menggunakan Google untuk mencari sesuatu, mulai dari yang remeh-temeh hingga yang berhubungan dengan produk serta jasa.
Dengan adanya Google, pemilik bisnis tidak lagi menunggu sampai pelanggan menemukan mereka, malah pemilik bisnis menjadi lebih aktif dengan bergabung di platform media sosial dan melakukan branding secara online. Disinilah peran Google Bisnisku akan membantu dalam memberi Anda kemampuan untuk mencantumkan lokasi bisnis Anda di Google Maps dan hasil penelusuran lokal.
Anda dapat menampilkan informasi penting tentang bisnis Anda, termasuk waktu buka/tutup, detail kontak, atau tautan ke situs web Anda. Baru-baru ini Google juga merilis fitur baru yang memungkinkan Anda memposting tautan ke artikel atau acara yang akan datang yang ingin Anda jadwalkan. Pemilik bisnis dapat bergabung dengan gratis mengingat ini telah dianggap sebagai kebutuhan oleh semua bisnis. Jika bisnis Anda adalah bisnis online dan Anda tidak memiliki toko fisik, maka Anda harus tetap mempertimbangkan untuk tetap memiliki halaman Google Bisnisku.
Kemudian bagaimana cara kerja Google Bisnisku? Langkah pertama adalah membuat cantuman atau list untuk Google My Business (GMB) dengan mengklaim laman Anda atau membuat yang baru lalu memverifikasinya. Dengan GMB, Anda akan dapat membuat situs web sederhana yang akan mendorong lebih banyak pelanggan ke bisnis Anda. Penting juga untuk mengoptimalkan daftar GMB Anda dengan menambahkan kata kunci, CTA (call to action), tanya jawab umum (frequently asked Q&A) serta juga foto/video yang relevan.
Ketika seseorang mencari produk atau layanan, maka daftar pencarian lokal akan mendominasi hasil. Jadi pada saat pengguna menelusuri produk atau layanan Anda di wilayah Anda, halaman Google Bisnisku milik Anda akan ditampilkan di antara cantuman. Informasi dari halaman Anda akan ditampilkan di tiga tempat berbeda berikut ini :
- Bilah sisi Google
- Hasil lokal
- Google maps
Berdasarkan tiga daftar diatas, setiap calon pelanggan akan dapat melihat lokasi Anda, kontak dan detail lainnya dari halaman Anda sendiri. Dari semua ini, pelanggan akan melihat bagaimana bisnis Anda secara kehadiran online Anda. Cyberlink Network pun punya Google Bisnisku. Anda dapat melihat kapan kami buka, dimana lokasi kami dan tampilan website kami, serta postingan tentang promo yang sedang berlangsung di Cyberlink.
Latest Posts
- Jaringan 5G: Kecepatan Internet yang Lebih Cepat, Tantangan dan PeluangTeknologi selalu mengalami perkembangan dan peningkatan yang signifikan dari waktu ke waktu. Salah satu teknologi terbaru...
- Speedtest WiFi: Cara Menguji dan Meningkatkan Jaringan Nirkabel AndaSpeedtest Wifi – Seiring dengan terus meningkatnya ketergantungan kita pada teknologi nirkabel, memiliki koneksi WiFi yang...
- Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan IP Camera untuk Keamanan dan PengawasanIP Camera – Dalam era digital saat ini, kamera pengintai IP (Internet Protocol) telah menjadi salah...