Peluang pasar di Indonesia. Buat para pengusaha yang sedang mengembangkan bisnis online, ada peluang pangsa pasar terbaik dari data yang dikeluarkan oleh Google melalui laporan Year in Search 2021: Look Back to Move Your Business Forward. Laporan ini disusun berdasarkan data Google Trends (Agustus 2020-Agustus 2021), eConomy 2021, serta Google Destination Insight (November 2020-Oktober 2021).
Dikutip dari Liputan6.com, Head of Ads Marketing Google Indonesia Yolanda Sastra mengatakan bahwa data dari eConomy SEA 2021 menunjukkan ada 21 juta konsumen digital baru di Indonesia pada paruh pertama 2021 dan 72% di antaranya berasal dari wilayah non perkotaan di Indonesia.
Yolanda menjelaskan, konsumen Indonesia sudah beradaptasi dengan dunia digital yang hybrid. Awalnya ada dari mereka yang terpaksa untuk memakai internet untuk mendukung kebutuhan sehari-hari, tapi sekarang banyak dari mereka benar-benar telah beralih ke dunia digital.
Peningkatan gaya hidup digital itu juga terlihat dari hasil pencarian online yang dilakukan pengguna internet Indonesia. Google mencatat ada kenaikan pencarian mengenai transformasi digital hingga 64% di tahun lalu.
Selain itu, pencarian untuk melakukan daftar online bagi pelaku bisnis juga meningkat hingga 61%. Tidak hanya itu, pencarian yang berhubungan dengan promo untuk pengguna baru turut tumbuh hingga 195 persen.
A. Konsumen Indonesia Lakukan Riset Online
Google turut mencatat, konsumen Indonesia kini banyak memanfaatkan internet untuk melakukan riset terhadap produk yang diinginkannya. Hal itu dapat dilihat dari pencarian produk berkualitas tumbuh 135%, sedangkan pencarian mengenai produk paling baru naik hingga 79%.
Mengingat riset erat kaitannya dengan pengalaman terhadap suatu produk, pencarian ulasan produk pun tumbuh pesat hingga 242% di 2021. Pencarian soal scan harga untuk produk yang dijual online pun tumbuh hingga 55%.
Ketertarikan konsumen Indonesia terhadap event belanja online pun terbilang tinggi, peluang pasar pun sangat besar. Google mencatat ada sejumlah wilayah di Indonesia yang memperlihatkan peningkatkan pencarian untuk brand e-commerce, yakni Jawa Barat, Bali, Kalimantan Selatan, Maluku, serta Nusa Tenggara Barat.
B. Hiburan Digital
Selain untuk memenuhi kebutuhan sehari, konsumsi hiburan digital pun kian diminati di Indonesia. Karenanya, Google mencatat ada kenaikan pencarian cara nobar hingga 300%. Tidak hanya itu, ketertarikan konsumen Indonesia terhadap konsumsi konten di layar besar juga terlihat ikut tumbuh, mengingat pencarian yang berhubungan dengan Smart TV dan piranti untuk internet TV naik hingga 36%.
Konten yang diminati pun kian beragam. Selain video, konten audio seperti podcast diketahui kian populer. Bahkan, Google mencatat pencarian podcast di YouTube tumbuh hingga lebih dari 350% di 2021.
Dengan adanya jumlah konsumen digital baru ini, bisa menjadi peluang besar bagi Anda pengusaha bisnis online dalam memaksimalkan potensi konsumen tersebut. Anda tinggal mencari trens terkini di Google dan menjangkau seluruh konsumen yang membutuhkan jasa atau produk Anda.
Satu lagi, jika Anda sedang memilih layanan internet seperti apa yang cocok untuk Anda, terutama dalam bisnis? Maka, kami menyarankan untuk berlangganan Cyberlink Network.
ISP di Cikarang ini hadir dengan Layanan Cyberlink High Speed Internet. Layanan ini tidak hanya memberikan koneksi internet cepat dan stabil, tetapi juga di dukung oleh Customer Support responsif yang selalu siap membantu mengatasi permasalahan koneksi internet Anda.
Selain itu, demi menunjang aktivitas bisnis pelanggan, ISP di Cikarang itu memberikan jaminan konektivitas hingga 99% uptime. Dengan di dukung oleh 3 link backbone yang terhubung dalam data center, ISP di Cikarang itu menjamin koneksi internet di perusahaan Anda akan menjadi lebih cepat dan stabil.
Apabila koneksi internet Anda tidak mencapai SLA 99% uptime setiap bulannya, Anda akan mendapat potongan biaya berlangganan internet.