Teknologi yang semakin maju membuat beragam inovasi muncul di segala segi kehidupan. Salah satu yang saat ini sedang booming adalah IoT atau Internet of Things. Ini adalah konsep di mana berbagai perangkat bersensor saling terhubung melalui internet untuk mengumpulkan dan mentransfer data. Kegiatan tersebut dilakukan tanpa bantuan komputer dan manusia.
Manfaat Dari Internet of Things
IoT juga bisa dipakai untuk mengumpulkan berbagai data dalam proses bisnis. Misalnya data aktivitas pelanggan, kinerja mesin, dan pergerakan stok produk. Kemudian, apa saja manfaat yang didapatkan dari IoT terhadap bisnis?
-
Memangkas Biaya Operasional
IoT menghubungkan berbagai data perangkat dalam satu interface. Termasuk dalam interface smartphone Anda. Oleh karena itu, Anda bisa melakukan monitoring data dan akses perangkat dari mana saja. Berkat kemudahan-kemudahan ini, Anda bisa memangkas biaya operasional. Sebagai contoh, Anda mendapat notifikasi bahwa data penggunaan daya AC Anda melebihi kapasitas. Maka, Anda bisa langsung mematikan AC dari smartphone.
Dengan kata lain, Anda bisa mematikan perangkat sebelum boros dalam penggunaan listrik. Biaya operasional Anda pun bisa lebih hemat, kan?
-
Meningkatkan Efisiensi Kerja
Salah satu manfaat IoT adalah adanya proses otomatisasi perangkat. Contohnya, alat penyiram tanah atau pemberi pupuk otomatis. Dengan otomatisasi, pemilik bisnis atau lahan pertanian bisa meningkatkan efisiensi kerja. Sebab itu, pekerjaan berulang yang memakan waktu sudah dilakukan oleh perangkat otomatis. Jadi, pegawai bisa beralih mengerjakan pekerjaan lain yang lebih penting.
-
Menyediakan Insight Data untuk Pengambilan Keputusan Bisnis
IoT dengan bantuan Artificial Intelligence akan mengolah data pelanggan menjadi sebuah insight yang bermanfaat untuk keputusan bisnis. Apa saja contohnya?
Pertama, Anda bisa mempromosikan produk pada pelanggan spesifik. Data yang masuk dari QR Code akan diolah menjadi data pola pembelian produk dari pelanggan berusia 20 hingga 35 tahun. Menggunakan data tersebut, Anda bisa mengetahui produk favorit pelanggan yang nanti bisa dipromosikan ulang.
Kedua, Anda bisa mengetahui fitur produk apa yang perlu Anda perbaiki atau hilangkan. Sebab, keluhan yang masuk lewat chatbot website akan diolah jadi data sebagai bahan pertimbangan.
-
Meningkatkan Customer Experience
Manfaat lain dari IoT adalah meningkatkan customer experience. Sebab IoT bisa mempercepat proses pelayanan pelanggan. Contohnya adalah penggunaan chatbot. Chatbot akan secara otomatis menjawab keluhan pelanggan dengan solusi. Jadi, pelanggan bisa mendapatkan solusi lebih cepat tanpa perlu menunggu. Menurut data dari Statista, cara kerja chatbot mampu membuat 34% pelanggan lebih nyaman daripada staf customer service. Alasannya karena mereka bisa menerima jawaban lebih cepat.
_____________________
Nah, jika Anda ingin menerapkan IoT, Anda tentu membutuhkan internet yang mumpuni. Tujuannya, agar proses pengolahan data berjalan maksimal. Cyberlink Networks hadir dengan Layanan Cyberlink High Speed Internet. Layanan ini tidak hanya memberikan koneksi internet cepat dan stabil, tetapi juga di dukung oleh Customer Support responsif yang selalu siap membantu mengatasi permasalahan koneksi internet Anda.
Selain itu, demi menunjang aktivitas bisnis pelanggan, kami memberikan jaminan konektivitas hingga 99% uptime. Dengan di dukung oleh 3 link backbone yang terhubung dalam 1 data center, Cyberlink menjamin koneksi internet di perusahaan Anda akan menjadi lebih cepat dan stabil. Apabila koneksi internet Anda tidak mencapai SLA 99% uptime setiap bulannya, Anda akan mendapat potongan biaya berlangganan internet.