Kemenkominfo-Bentuk-Program-Digital-Talent-Scholarship

Tingkatkan Literasi Masyarakat, Kemenkominfo Bentuk Program Digital Talent Scholarship

Digital Talent Scholarship. Terkait pemanfaatan era 4.0 saat ini, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo berharap adanya percepatan transformasi digital. Bentuk-bentuk yang diharapkan Presiden yakni percepatan akses internet khususnya pembangunan infrastruktur di wilayah 3T, membangun grand desain atau peta jalan digital Indonesia yakni digitalisasi untuk berbagai kepentingan tidak hanya untuk komunikasi, tetapi juga untuk ideologi, politik, sosial, ekonomi, budaya, pertahanan dan keamanan nasional.

Selanjutnya yang juga diamanahkan adalah percepatan membangunan pusat data nasional, serta peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) generasi milenial Indonesia agar mempunyai kemampuan dan keterampilan dalam bidang digitalisasi dan juga pembuatan regulasi terkait digitalisasi.

Dalam hal meningkatkan kapasitas SDM, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) membuat program beasiswa talenta digital atau Digital Talent Scholarship (DTS). Hal ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital masyarakat di berbagai kalangan.

Selain masyarakat pada umumnya, Kemenkominfo juga akan meningkatkan literasi pejabat pemerintah baik di tingkat pusat dan daerah. Menkominfo Johnny G. Plate menjelaskan bahwa untuk pejabat pemerintah baik di tingkat pusat dan daerah, pihaknya menyiapkan program Digital Leadership Academy untuk meningkatkan literasi digital yang berguna dalam pengambilan kebijakan.

“Program itu harus diikuti oleh pengambil kebijakan sektor digital karena Kementerian Kominfo telah bekerjasama dengan delapan universitas ternama dunia, seperti Oxford University, Cambrigde University, Massachusetts Institute of Technology, Singhua University, National University of Singapore, dan Imperial College,” katanya yang dikutip dari laman resmi Kemenkominfo.

Partisipasi pemimpin sektor privat atau swasta dalam program ini diharapkan juga bisa membantu meningkatkan kualitas sumberdaya manusia di berbagai sektor. Program itu ditargetkan untuk 550 orang peserta pada tahun ini dari kalangan pejabat pemerintah maupun pendiri perusahaan rintisan atau startup digital.

Dalam program DTS 2022, Menteri Johnny menyatakan pihaknya telah bekerjasama dengan 154 perguruan tinggi dan politeknik di dalam negeri. Menurutnya, Kementerian Kominfo juga telah melakukan penandatangaan nota kesepahaman (memorandum of understanding) dengan 54 perguruan tinggi nasional.

“Sekali lagi kerjasama dan kolaborasi, saya sebut juga triplehelix, yakni pemerintah, perguruan tinggi, dan dunia usaha itu penting untuk bekerja bersama-sama menghasilkan talenta digital yang jumlahnya cukup dan kualifikasinya memadai,” paparnya.

Bagaimanapun, jika ingin memilih layanan internet kantor seperti apa yang cocok untuk Anda, terutama dalam bisnis? Maka, kami menyarankan untuk berlangganan Cyberlink Network, ISP Bekasi Utara.

ISP Bekasi Utara itu hadir dengan Layanan Cyberlink High Speed Internet. Layanan ini tidak hanya memberikan koneksi internet cepat dan stabil, tetapi juga di dukung oleh Customer Support responsif yang selalu siap membantu mengatasi permasalahan koneksi internet Anda.

Selain itu, demi menunjang aktivitas bisnis pelanggan, ISP Bekasi Utara itu memberikan jaminan konektivitas hingga 99% uptime. Dengan di dukung oleh 3 link backbone yang terhubung dalam data center, ISP Bekasi Utara itu menjamin koneksi internet kantor di perusahaan Anda akan menjadi lebih cepat dan stabil.

Apabila koneksi internet kantor Anda tidak mencapai SLA 99% uptime setiap bulannya, Anda akan mendapat potongan biaya berlangganan dari ISP Bekasi Utara itu.

Previous Post
Bareng Kemenkominfo, Google Bakal Terbitkan 5000 Sertifikat Karir
Next Post
Keuntungan Sewa Laptop Ketimbang Beli Baru

Related Posts

Open chat
1
Cyberlink Networks
Selamat datang di Cyberlink Networks
Ada yang bisa saya bantu?