Excellent service atau pelayanan prima merupakan sebuah upaya dari instansi, organisasi atau usaha dalam memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggannya. Pelayanan prima sangat dibutuhkan dalam dunia bisnis, hal ini diberikan supaya pelanggan merasa puas, nyaman, dan senang.
Dalam dunia bisnis, khususnya bisnis yang fokus memberikan jasa, pelayanan prima adalah hal dasar yang harus dimiliki. Kemajuan bisnis memang dipengaruhi oleh tingkat penjualan. Tingkat penjualan ditentukan oleh strategi pemasaran yang digunakan.
Di samping itu, interaksi dan pendekatan dengan konsumen juga sangat penting. Sebagai pebisnis, baik yang bergerak dalam bisa barang atau jasa tentu harus membangun reputasi yang baik di mata pelanggan.
Memang, untuk memberikan pelayanan yang terbaik tidaklah mudah, terutama dengan kemajemukan masyarakat yang ada saat ini. Namun, perusahaan atau organisasi dapat menghadirkan pelayanan prima selama mengetahui konsep dan apa yang harus dilakukan.
Tips Memberikan Pelayanan Terbaik
Nah, berikut ini kami sampaikan tips dalam memberikan pelayanan terbaik ke pelanggan, yang dikutip dari berbagai sumber.
1. Tersedia pada waktu yang tepat
Cara pertama yang membuat pelanggan merasa dihargai adalah dengan mengakui dia sesegera mungkin. Jadi ketika seseorang memasuki kantor, Anda harus segera menyapa dan memperhatikan kebutuhannya.
Berhenti melakukan apapun sesegera mungkin. Namun, apabila memang masih sibuk mengangkat telepon atau yang lainya, Anda bisa meminta pelanggan menunggu terlebih dahulu dengan sopan.
2. Menyapa pelanggan dengan cara yang bersahabat tapi tepat
Lakukan kontak mata, tersenyum dan katakan sesuatu seperti, “Halo, bagaimana saya dapat membantu kamu hari ini?” berhenti disana. Biarkan pelanggan merespons.
3. Muncul saat ingin membantu
Jangan mendorong staf untuk terus-menerus menanyakan pada pelanggan sehingga mengganggu kegiatan pelanggan seakan-akan pelanggan dikejar-kejar atau dibuntuti. Muncul lah saat pelanggan membutuhkan bantuan.
4. Bantu pelanggan dengan langsung menangani permintaan pelanggan/memecahkan masalah pelanggan.
– Aktif mendengarkan pelanggan.
Tunjukkan bahwa Anda secara aktif mendengarkan pelanggan dengan melakukan kontak mata, mengangguk, atau bahkan menuliskan catatan. Ajukan pertanyaan yang menjelaskan kapan pelanggan selesai berbicara, jika perlu untuk mendapatkan rincian lebih lanjut yang akan memungkinkan Anda mengatasi masalah pelanggan. Jangan memutus pembicaraan pelanggan.
– Mampu menawarkan saran yang tepat.
Pelanggan sering memiliki pertanyaan yang tidak secara langsung mengenai produk atau layanan Anda namun terkait dengan mereka. Misalnya, pelanggan yang tertarik pada layanan high speed internet milik Cyberlink Networks melalui chat, mungkin ingin tahu bagaimana cara berlangganan internet Cyberlink Networks.
Jawaban yang Anda berikan (atau tidak mampu memberi) dapat menjadi pengaruh besar dalam membeli keputusan dan bagaimana perasaan pelanggan terhadap layanan pelanggan Anda.
5. Jadilah ceria, sopan dan hormat sepanjang interaksi customer service
Saat Anda melakukan interaksi dengan pelanggan tunjukkan keceriaan wajah dengan selalu senyum dan mendengarkan pesan dari pelanggan. Berperilaku sopan juga sangat penting, ucapkan perkataan yang sesuai dengan keadaan pelanggan. Seperti santai dengan pelanggan usia muda, dan baku pada pelanggan yang lebih tua.
6. Tutup interaksi layanan pelanggan dengan tepat
Anda harus menyelesaikan membantu pelanggan dengan secara aktif menyarankan langkah berikutnya. Jika mereka siap melakukan pembelian pada saat ini, mengantar atau mengarahkan pelanggan untuk bantuan order dan informasikan tagihanya dan cara pembayarannya.
Jika pelanggan belum siap untuk membeli pada saat ini, langkah selanjutnya yang disarankan mungkin adalah undangan lebih lanjut seperti pengiriman proposal penawaran layanan seperti surat penawaran Hosting Terbaik Indonesia atau dengan menanyakan, “Adakah hal lain yang dapat saya bantu?”.
Membangun Pelayanan Prima
Setiap perusahaan atau organisasi tentu dapat menghadirkan pelayanan prima (excellent service) dalam bisnisnya. Namun demikian, penting untuk dapat mengetahui bagaimana agar pelayanan dapat dikatakan sukses.
Catherine DeVrye (1997) mengolah kata service menjadi 7 (tujuh) strategi menuju sukses, yaitu:
1. Self Esteem (memberi kepuasan pada diri sendiri)
2. Vision (visi)
3. Recover (raih/bangkit kembali)
4. Improve (melakukan peningkatan perbaikan)
5. Care (memberi perhatian)
6. Empower (memberdayakan)
7. Exceed Expectations (melampaui harapan konsumen)
Lebih lanjut, yang perlu dipahami bahwa proses mencapai pelayanan prima adalah berarti memberikan pelayanan yang mengacu pada kepuasan pelanggan (customer satisfaction).
Definisi kepuasan adalah tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja (hasil) yang dirasakan dengan harapannya. Dengan asumsi bahwa jika kinerja di bawah harapan, maka pelanggan akan merasa kecewa. Jika kinerja sesuai harapan, pelanggan akan merasa puas, dan jika kinerja melebihi harapan maka pelanggan akan merasa sangat puas.
Harapan masyarakat atau pelanggan terhadap pelayanan prima adalah layanan dapat terus ditingkatkan dan semakin baik (better), semakin cepat (faster), semakin baru (newer), semakin murah (cheaper), dan juga semakin sederhana (simpler).
Nah, sekarang Anda lebih paham tentang pelayanan prima dan apa pengaruhnya terhadap perusahaan Anda. Kemudian, jika Anda sedang memilih layanan internet terbaik di Cikarang, maka, kami menyarankan untuk berlangganan Cyberlink Network, ISP di Cikarang.
_____________________________
ISP di Cikarang ini hadir dengan Layanan Cyberlink High Speed Internet. Layanan ini tidak hanya memberikan koneksi internet cepat dan stabil, tetapi juga di dukung oleh Customer Support responsif yang selalu siap membantu mengatasi permasalahan koneksi internet Anda.
Selain itu, demi menunjang aktivitas bisnis pelanggan, ISP di Cikarang itu juga memberikan jaminan konektivitas hingga 99% uptime.
Dengan di dukung oleh 3 link backbone yang terhubung dalam data center, ISP di Cikarang itu menjamin koneksi internet di perusahaan Anda akan menjadi lebih cepat dan stabil.
Apabila koneksi internet Anda tidak mencapai SLA 99% uptime setiap bulannya, maka Anda akan mendapat potongan biaya berlangganan internet dari ISP di Cikarang itu.