Penting Bagi Pebisnis Mengetahui Manfaat Portofolio Dalam Usaha

Blog

Membuat portofolio. Dalam dunia bisnis, istilah portofolio tentu sudah tidak asing lagi meskipun terkadang sebagian dari kita belum mengetahui apa artinya. Bisa dikatakan portofolio adalah satu hal yang penting dalam pengembangan usaha atau karier seseorang.

Semakin bagus portofolio yang dimiliki maka semakin bagus pula pengalaman atau jam terbang yang dimiliki orang tersebut, baik saat di pekerjaan maupun bisnis.

Portofolio kerap digunakan untuk menggambarkan kondisi suatu perusahaan, karena memang istilah ini sudah menjadi salah satu yang lekat dengan dunia kerja. Sebagai seorang profesional, memiliki portofolio adalah sebuah kewajiban.

Namun, sebetulnya apa itu portofolio? Portofolio adalah laporan lengkap suatu dokumen dan hasil karya secara menyeluruh dari aktivitas seseorang atau perusahaan yang dilakukan. Portofolio kerap digunakan dalam berbagai percakapan maupun pesan informasi, namun media yang digunakan sedikit berbeda dengan yang sudah ada.

Manfaat Portofolio

Jika Anda ingin sukses dalam berbisnis, memiliki portofolio bisnis sangatlah penting. Manfaatnya adalah sebagai sumber pedoman untuk melihat berbagai pencapaian atau prestasi yang telah diraih oleh seseorang atau perusahaan.

Saat calon konsumen akan menggunakan jasa atau layanan Anda atau perusahaan Anda, portofolio sangat diperlukan sebagai bukti performa yang pernah dilakukan.

Dengan adanya portofolio, Anda bisa mendapatkan kerja sama yang menguntungkan, meningkatkan kepercayaan dari banyak konsumen, dan memantapkan posisi bisnis yang sedang dijalankan.

Oleh karena itu, pastikan untuk perbanyak portofolio bisnis agar calon konsumen merasa yakin dengan kemampuan Anda atau perusahaan Anda dalam mengolah bisnis.

Cara Membuat Portofolio Bisnis

Lantas, bagaimana cara membuat portofolio untuk keperluan bisnis? Berikut hal-hal yang perlu Anda perhatikan:

1. Mengumpulkan Informasi Bisnis

Cara membuat portofolio untuk brand yang pertama adalah Anda perlu mengumpulkan seluruh informasi seputar bisnis. Misalnya, dengan mencantumkan profil bisnis, informasi kontak, sejarah, struktur organisasi, dan hal-hal lain yang terkait.

Dengan begitu, perusahaan Anda memiliki informasi yang jelas sehingga pembaca atau orang lain yang melihat portofolio lebih mudah dalam mengenali perusahaan.

2. Fokus pada Kelebihan

Cara membuat portofolio selanjutnya yang bisa Anda terapkan untuk keperluan bisnis, yakni cobalah untuk fokus pada kelebihan. Jadi, cantumkan apa saja kekuatan perusahaan Anda.

Misalnya, dengan menyertakan daftar proyek yang berhasil atau melampirkan daftar produk atau layanan yang laris terjual di pasaran. Dengan begitu, perusahaan Anda akan terlihat lebih unggul dari kompetitor sehingga mitra atau calon pelanggan bisa lebih percaya.

Selain itu, menonjolkan kelebihan perusahaan juga sangat berguna karena sebagian besar orang memiliki rentang perhatian terbatas. Menunjukkan hal-hal yang menjadi kekuatan usaha Anda akan sangat membantu mereka dalam menyerap informasi secara lebih efektif.

3. Cantumkan Keterampilan Tenaga Kerja

Selain menampilkan informasi seputar brand, produk, atau layanan, Anda juga perlu mencantumkan tim atau tenaga kerja yang terlibat dalam perusahaan.

Pada cara membuat portofolio ini, Anda bisa menjelaskannya melalui struktur organisasi dan lengkapi juga dengan berbagai sertifikasi atau pengalaman mereka.

Dengan begitu, perusahaan Anda dinilai lebih kompeten yang pada akhirnya akan meningkatkan kredibilitas usaha di mata mitra bisnis maupun calon pelanggan.

Melampirkan daftar prestasi yang telah dicapai oleh setiap tenaga kerja selama mereka bekerja di perusahaan Anda juga bisa menjadi nilai tambah.

4. Tulis Tujuan, Visi, dan Misi

Hal penting lainnya yang tak boleh dilewatkan dalam portofolio adalah menulis tujuan, visi, dan misi perusahaan. Jadi, jelaskan lah apa yang menjadi tujuan bisnis Anda. Beri tahu juga visi apa yang hendak dicapai dan apa saja misi yang tepat untuk mewujudkannya.

Penjabaran mengenai tujuan, visi, dan misi perusahaan tersebut bisa memberikan nilai yang bagus di mata mitra bisnis maupun pelanggan. Mereka juga dapat mengukur seberapa tinggi target dan sekuat apa usaha yang telah dikerahkan oleh perusahaan.

5. Menjelaskan Produk atau Layanan yang Ditawarkan

Cara membuat portofolio bisnis selanjutnya, yakni jelaskan produk atau layanan yang perusahaan Anda tawarkan. Setiap produk atau layanan dari perusahaan Anda tawarkan sebaiknya dijelaskan secara rinci. Mulai dari fungsi, ukuran, warna, kemasan, keunggulan, hingga bahan-bahan yang digunakan.

Jadikan portofolio ini sebagai sarana edukasi bagi para pelanggan sehingga mereka merasa lebih yakin dalam membuat keputusan pembelian. Selain bagi pelanggan, informasi produk atau layanan ini juga bisa membantu para mitra bisnis yang akan bekerja sama dengan perusahaan Anda.

6. Lengkapi dengan Visualisasi

Akan sangat membosankan jika portofolio bisnis yang Anda buat hanya berisi tulisan. Oleh sebab itu, lengkapi juga dengan visualisasi yang menarik, ya.

Misalnya, melampirkan foto perusahaan, foto tim yang bekerja, foto produk, serta video demonstrasi penggunaan produk atau layanan yang Anda tawarkan. Dengan begitu, pembaca yang melihat portofolio bisnis Anda akan memeroleh gambaran yang jelas mengenai perusahaan hingga barang yang ditawarkan.

Selain itu, visualisasi juga dinilai lebih baik dalam menyampaikan pesan kepada pembaca. Hal ini karena mayoritas orang lebih suka melihat gambar dibandingkan tulisan.

7. Menambahkan Testimoni Pelanggan

Cara membuat portofolio untuk bisnis lainnya, yakni dengan menambahkan testimoni pelanggan yang telah mencoba produk atau layanan Anda. Ulasan atau pengalaman pelanggan yang jujur dapat membuat calon pelanggan lainnya lebih tertarik untuk melakukan pembelian.

Oleh sebab itu, jangan ragu untuk meminta feedback dari setiap customer yang menggunakan produk atau layanan Anda, ya. Anda hanya perlu menyertakan tulisan dan foto pelanggan dengan produk atau layanan. Dengan begitu, kepercayaan terhadap merek Anda pelanggan akan meningkat.

Perlu Anda ketahui juga bahwa, mayoritas orang lebih percaya dengan ulasan pelanggan dibandingkan iklan dari perusahaan sebelum membeli sesuatu.

__________________________

Nah, demikian penjelasan dari kami tentang pentingnya portofolio untuk bisnis Anda. Jika Anda sedang memilih layanan internet terbaik di Cikarang, maka, kami menyarankan untuk berlangganan Cyberlink Network, ISP di Cikarang.

ISP di Cikarang ini hadir dengan Layanan Cyberlink High Speed Internet. Layanan ini tidak hanya memberikan koneksi internet cepat dan stabil, tetapi juga di dukung oleh Customer Support responsif yang selalu siap membantu mengatasi permasalahan koneksi internet Anda.

Selain itu, demi menunjang aktivitas bisnis pelanggan, ISP di Cikarang itu juga memberikan jaminan konektivitas hingga 99% uptime.

Dengan di dukung oleh 3 link backbone yang terhubung dalam data center, ISP di Cikarang itu menjamin koneksi internet di perusahaan Anda akan menjadi lebih cepat dan stabil.

Apabila koneksi internet Anda tidak mencapai SLA 99% uptime setiap bulannya, maka Anda akan mendapat potongan biaya berlangganan internet dari ISP di Cikarang itu.

Previous Post
Waspada Serangan Spyware! Ini Cara Terbaik Lindungi Komputer Anda
Next Post
Waduh! 2,7 Miliar Warga Dunia Belum Tersentuh Internet

Related Posts

Open chat
1
Cyberlink Networks
Selamat datang di Cyberlink Networks
Ada yang bisa saya bantu?