Pemerintah-Luncurkan-SATUSEHAT

Pemerintah Luncurkan SATUSEHAT, Apa Itu?

Blog

Pemerintah Republik Indonesia, melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes), resmi meluncurkan platform SATUSEHAT pada tanggal 26 Juli lalu. Sistem ini akan mengintegrasikan data rekam medis pasien di fasyankes atau fasilitas pelayanan kesehatan.

SATUSEHAT merupakan perwujudan dari pilar ke enam transformasi sistem kesehatan yaitu pilar transformasi teknologi kesehatan. Platform ini juga diharapkan mendukung implementasi lima pilar transformasi sistem kesehatan lainnya seperti transformasi layanan primer, transformasi layanan rujukan, transformasi sistem ketahanan kesehatan, transformasi sistem pembiayaan kesehatan dan transformasi SDM kesehatan yang saat ini juga sedang berjalan

Dalam mengembangkan platform ini, Kementerian Kesehatan mengadopsi model infrastruktur Platform-as-a-service (PAAS) yang menghubungkan seluruh ekosistem pelaku industri kesehatan untuk menciptakan satu data kesehatan nasional yang dapat diandalkan.

Nantinya platform ini akan menjadi penghubung antar platform aplikasi yang beragam pada berbagai pelaku industri kesehatan. Untuk itu, semua aplikasi maupun fasilitas pelayanan kesehatan seperti RS vertikal, RS pemerintah, RS swasta, Puskesmas, Posyandu, laboratorium, klinik hingga apotek harus mengikuti standar yang telah ditetapkan Kementerian Kesehatan di platform SATUSEHAT.

Kemudahan Platform SATUSEHAT

Dalam pelayanannya, SATUSEHAT akan membuat resume rekam medis pasien yang sudah terekam secara digital di platform ini, atau rekam medis digital, kemudian platform ini juga sudah terintegrasi dengan PeduliLindungi serta dapat diakses dari ponsel.

Dengan integrase ini, Kemenkes akan mengintegrasikan data kesehatan pasien dari semua fasilitas kesehatan ke PeduliLindungi, sehingga pasien rujukan Rumah Sakit tidak harus repot mengirim dokumen medis yang berasal dari lab kemudian mengulang pemeriksaan lab karena semua data sudah masuk ke PeduliLindungi.

Kemudahan ini tentu saja bukan hanya dirasakan pasien, tetapi juga tenaga kesehatan. petugas medis hanya perlu mengisi di satu aplikasi dan secara otomatis sudah terhubung dengan aplikasi kesehatan lain. Kedepannya, integrase ini bukan hanya terhubung dengan fakes atau juga BPJS Kesehatan.

Integrase yang dimaksud seperti sistem pencatatan tuberkulosis, imunisasi, sistem pencatatan secara digital data kematian, sistem rujukan nasional, sistem informasi manajemen, kesehatan ibu anak hingga pengendalian penyakit.

Cara Menggunakannya

Pada acara peluncurannya, ditampilkan tutorial SATUSEHAT, yakni hari pertama, X melakukan tes antigen di Apotek Kimia Farma karena mengeluh batuk dan demam. Sesudah di tes, hasilnya non reaktif.

Kemudian, beberapa waktu kemudian, X melakukan dinas ke Papua, dan memiliki keluhan yang sama. Ia kemudian memeriksakan diri ke rumah sakit. Di sana, akan terlihat rekam medis X berkaitan dengan tes antigen dan kemudian muncul.

Hal tersebut dapat terjadi karena lab Kimia Farma dan rumah sakit di Papua sudah terintegrasi dengan SATUSEHAT. Selama tempat tersebut sudah terintegrasi dengan SATUSEHAT, catatan atau rekam medis dapat muncul serta bisa diakses petugas.

Sampai akhir 2022, Kementerian Kesehatan menargetkan terdapat 8000 fasilitas pelayanan kesehatan yang sudah terintegrasi dengan sistem SATUSEHAT, dan seluruhnya akan selesai di tahun 2023.

Sedangkan, berkaitan dengan keamanan, kementerian Kesehatan sudah bekerjasama dengan Badan Siber Sandi Negara agar bisa memastikan keamanan data pengguna. Hal tersebut juga semakin diperkuat dengan adanya regulasi aturan penggunaan platform yang dibuat Kementerian Kesehatan.

Sedangkan proses integrasi data ke platform SATUSEHAT akan dilakukan melalui beberapa fase dengan target melengkapi data yang termasuk ke dalam standar resume medis ke platform Indonesia Health Services (IHS).

Fase pertama, data pendaftaran pasien dan diagnosa. Fase kedua adalah data prosedur medis, data kondisi vital, dan data diet. Fase ketiga, data obat yang terintegrasi dengan kamus obat (KFA). Fase keempat, data observasi laboratorium dan data observasi radiologi. Kemudian, fase kelima, data alergi dan data kondisi fisik.

_____

Nah, jika Anda sedang memilih layanan internet terbaik di Karawang, terutama dalam bisnis? Maka, kami menyarankan untuk berlangganan Cyberlink Network, ISP di Karawang.

ISP di Karawang ini hadir dengan Layanan Cyberlink High Speed Internet. Layanan ini tidak hanya memberikan koneksi internet cepat dan stabil, tetapi juga di dukung oleh Customer Support responsif yang selalu siap membantu mengatasi permasalahan koneksi internet Anda.

Selain itu, demi menunjang aktivitas bisnis pelanggan, ISP di Karawang itu juga memberikan jaminan konektivitas hingga 99% uptime.

Dengan di dukung oleh 3 link backbone yang terhubung dalam data center, ISP di Karawang itu menjamin koneksi internet di perusahaan Anda akan menjadi lebih cepat dan stabil.

Apabila koneksi internet Anda tidak mencapai SLA 99% uptime setiap bulannya, maka Anda akan mendapat potongan biaya berlangganan internet dari ISP di Karawang itu.

Previous Post
Wajib Tahu! Jenis Strategi Branding Produk Bagi Pengusaha
Next Post
Indonesia Dan Hungaria Siap Kerjasama Sektor Teknologi dan Talenta Digital

Related Posts

Open chat
1
Cyberlink Networks
Selamat datang di Cyberlink Networks
Ada yang bisa saya bantu?