Ubah-Telepon-Kantor-Anda-Dari-Analog-ke-Digital-ip-pbx

(IP PBX) Era Teknologi, Ubah Telepon Kantor Anda Dari Analog ke Digital

IP PBX. Perkembangan teknologi digital yang begitu pesat saat ini menjadi suatu rangkaian proses dimana seseorang dapat dengan mudah mengakses informasi dari berbagai sumber serta memudahkan seseorang untuk mengembangkan bisnisnya. Teknologi digital yang tadinya dikenal dengan teknologi komputer, beserta perangkat elektronika lainnya, menjelma menjadi satu dalam perpaduan kemampuan.

Semula dengan ditemukannya berbagai perangkat sederhana, mulai dari telepon, yang berbasis analog, maju dan berkembang terus hingga muncul berbagai perangkat elektronika lainnya. Hingga akhirnya teknologi ini terintegrasi satu dengan lainnya. Meski saat ini teknologi telekomunikasi telah berkembang pesat dan beragam jenisnya, namun komunikasi melalui telepon internal masih dibutuhkan untuk menunjang aktivitas perkantoran.

Telepon internal atau PBX (Private Branch eXchange) adalah layanan telepon konvensional dengan sistem analog. Sistem ini menggunakan kabel yang terpusat pada switchboard sebagai control station, sehingga bisa berguna sebagai telepon, mesin fax, modem, atau komunikasi antar karyawan kantor baik secara lokal mau pun sambungan jarak jauh.

Penggunaan PBX masih terdapat pada perusahaan-perusahaan jasa seperti bank, transportasi, asuransi, telekomunikasi, food delivery, hingga pemerintahan agar bisa terkoordinasi dengan lancar baik internal atau dengan stakeholdernya. Demi menunjang kegiatan berkomunikasi ini, bukan hanya membutuhkan telepon bersuara jernih, melainkan juga membutuhkan tingkat keamanan yang tinggi.

Seringkali percakapan dalam telepon harus direkam melalui call recorder agar bisa diulang apabila ada complain atau permasalahan lain yang melibatkan pelanggan.

Terlebih di perusahaan-perusahaan finance, asuransi, call center, hingga layanan kartu kredit yang selalu merekam percakapan dengan pelanggan untuk meminta konfirmasi. Alat-alat ini juga berfungsi sebagai pencatat telepon masuk dan keluar serta mencatat panggilan yang tidak terangkat.

Masalahnya, biaya telepon keluar (outgoing call) dihitung per panggilan keluar. Alhasil, apabila aktivitas komunikasi via telepon dalam sebuah kantor sedang tinggi, maka biaya yang dibebankan juga akan meningkat. Bahkan, penggunaan PBX konvensional dinilai tidak efektif lagi bagi kantor-kantor yang memiliki banyak cabang di dalam mau pun luar negeri karena jaringan selulernya yang masih terbatas.

Jalan keluar dari permasalahan ini adalah dengan menggunakan IP PBX. IP PBX memungkinkan sinyal analog dalam PBX konvensional di konversi menjadi sinyal digital yang disalurkan melalui Internet Protocol (IP).

Baca Juga:
Internet Kantor Jadi Solusi Keberlangsungan Bisnis Perusahaan

Cyberlink Networks melalui layanan IP-PBX & VoIP SOLUTION menghadirkan teknologi telepon berbasis internet dengan beragam keunggulan. Selain menawarkan komunikasi yang efisien antara kantor pusat dengan cabang-cabangnya melalui koneksi komunikasi yang private, layanan telepon menggunakan IP PBX beban biayanya terhitung lebih murah.

Selain itu, perusahaan juga dapat dengan mudah mengatur pengaturan VOIP dalam sistem komunikasinya. IP PBX pun bersifat fleksibel sehingga panggilan masuk dan keluar akan tercatat secara tepat dalam bentuk data yang bisa dikelola melalui komputer. Dengan begitu, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi komunikasi sehingga dapat menunjang mobilitasnya.

Previous Post
Mengulas Perbedaan Aplikasi Remote Access Telnet Dan SSH
Next Post
Manfaatkan Downtime Internet Kantor Dengan Aktivitas Positif

Related Posts

Open chat
1
Cyberlink Networks
Selamat datang di Cyberlink Networks
Ada yang bisa saya bantu?