Alasan-Artis-dan-Idola-K-pop-Jadi-Magnet-Menggaet-Konsumen

Alasan Artis dan Idola K-pop Jadi Magnet Menggaet Konsumen

Blog

Di Indonesia saat ini, kita kerap sekali melihat artis-artis Korea berseliweran di iklan-iklan TV, bilboard pinggir jalan dan di platfom e-commerce. Ya, belakangan ini banyak brand besar di Indonesia yang bekerjasama dengan artis atau idola K-Pop sebagai duta merek atau brand ambassador.

Hal tersebut dilakukan sebagai salah satu strategi untuk menggaet konsumen. Kemudian, mengapa hal ini terjadi? Dan apa manfaat yang didapatkan jika berkolaborasi dengan artis atau idola K-pop? Hal ini akan kami bahas secara terperinci.

Strategi Pemasaran

Di Indonesia, kolaborasi dengan artis atau idola K-pop banyak dilakukan oleh perusahaan e-commerce dan ada juga lembaga keuangan. Peneliti Institute for Development of Economic and Finance (INDEF) Nailul Huda, mengutip Katadata, strategi pemasaran e-commerce saat ini berfokus memperbesar jumlah pengguna. Beberapa cara yang digunakan adalah menggelar acara dan menggaet artis atau idola sebagai duta merek.

Sebagai contoh, pada 2019 lalu, Tokopedia menggaet Bangtan Sonyeondan (BTS) sebagai duta merek. Dengan menggaet BTS, jumlah kunjungan di platform Tokopedia merangkak naik. Misalnya pada acara malam puncak campaign Waktu Indonesia Belanja, jumlah mengunjung hampir 5 juta kali dan lebih dari 5.000 barang terjual.

Begitupun dengan Shopee yang menerapkan strategi bertajuk hallyu atau koreaan wave sejak akhir 2018. Shopee menggandeng Blackpink dalam rangka hari belanja online nasional (harbolnas) 12.12 di Filipina, Vietnam, Singapura, Malaysia, Thailand, Taiwan, dan Indonesia.

Hasilnya, 5,4 juta transaksi Shopee berasal dari Indonesia dengan lebih dari 48 juta pengguna yang mengunjungi platform tersebut.

Mengapa Kolaborasi?

Berdasarkan Sensus Penduduk 2020, dari 270,2 juta penduduk Indonesia, ada 25,87% generasi milenial dan 27,94% generasi Z. Angka ini menjadi pangsa pasar yang dapat dimanfaatkan oleh perusahaan atau brand Indonesia.

Selain itu, generasi milenial dan generasi Z Indonesia umumnya cerdas dalam menggunakan teknologi (digital savvy) dan juga mengidolakan influencer, dalam hal ini artis atau idola K-pop.

Hasil riset Katadata Insight Center (KIC) menunjukkan jumlah transaksi produk fesyen, kesehatan, dan kecantikan merupakan yang tertinggi di tahun 2019. Transaksi fesyen dan aksesoris mencapai 30% sementara transaksi kesehatan dan kecantikan sebesar 16%.

Fakta menarik lainnya, hasil riset iPrice memaparkan bahwa Army Indonesia (sebutan penggemar BTS di Indonesia) bisa menghabiskan uang hingga puluhan juta untuk membeli suvenir, album, dan tiket konser idolanya. Fakta ini baru dari BTS saja, bagaimana dengan artis atau idol K-Pop lainnya?

Dengan demikian, gak heran kalau banyak brand di Indonesia yang berkolaborasi dengan artis atau idol K-Pop. Untuk Anda yang tengah membangun bisnis, apakah mau coba strategi ini juga?

Nah, jika Anda sedang memilih layanan internet di Cikarang seperti apa yang cocok untuk Anda, terutama dalam bisnis? Maka, kami menyarankan untuk berlangganan Cyberlink Network, ISP di Cikarang.

ISP di Cikarang ini hadir dengan Layanan Cyberlink High Speed Internet. Layanan ini tidak hanya memberikan koneksi internet cepat dan stabil, tetapi juga di dukung oleh Customer Support responsif yang selalu siap membantu mengatasi permasalahan koneksi internet Anda.

Selain itu, demi menunjang aktivitas bisnis pelanggan, ISP di Cikarang itu memberikan jaminan konektivitas hingga 99% uptime.

Dengan di dukung oleh 3 link backbone yang terhubung dalam data center, ISP di Cikarang itu menjamin koneksi internet di perusahaan Anda akan menjadi lebih cepat dan stabil.

Apabila koneksi internet Anda tidak mencapai SLA 99% uptime setiap bulannya, maka Anda akan mendapat potongan biaya berlangganan internet dari ISP di Cikarang itu.

Previous Post
Lengkap Dengan Fasilitas, Gaji Google Bisa Tembus Ratusan Juta
Next Post
Wajib Tahu! Jenis Strategi Branding Produk Bagi Pengusaha

Related Posts

Open chat
1
Cyberlink Networks
Selamat datang di Cyberlink Networks
Ada yang bisa saya bantu?