UMKM-Wajib-Tahu-Conscious-Consumption,-Perubahan-Pola-Konsumsi-Masyarakat

UMKM Wajib Tahu Conscious Consumption, Perubahan Pola Konsumsi Masyarakat

Blog

Era modern saat ini bergerak cepat dengan perubahan perilaku masyarakatnya. Di tengah kondisi bumi yang dinilai semakin memprihatinkan, muncul perilaku baru yang mempengaruhi pola konsumsi masyarakat dunia. Pola ini adalah Conscious Consumption. Sebuah pola gaya hidup yang mengedepankan kebaikan konsumsi secara individu dan komunitas.

Conscious Consumption merupakan pola pembelanjaan masyarakat yang tidak hanya mempertimbangkan nilai ekonomis dari suatu barang, namun juga memperhitungkan nilai ekonomis, sosial, dan bahkan politis. Jargon ‘Produk Ramah Lingkungan’, ‘Produk Ramah Sosial’, ‘Organik’, dan lain sebagainya sudah semakin sering ditemui dan diperbincangkan akhir-akhir ini.

Fenomena conscious consumption diyakini akan semakin populer di masa depan, setidaknya menurut beberapa narasumber seperti Forbes. Forbes menyarakan bahwa pandemic Covid-19 semakin meningkatkan kesadaran konsumen secara global mengenai kaitan antara konsumsi dengan aspek-aspek lain seperti aspek sosial dan aspek lingkungan.

Kondisi ini yang menyebabkan semakin meningkatnya tren conscious consumption pada masa pandemi. Forbes bahkan lebih lanjut memotret pentingnya perusahaan untuk mulai berbenah dalam seluruh aspek usahanya, karena konsumen sudah lebih kritis sebelum memilih produk dan tidak bisa diyakinkan melalui program CSR atau donasi semata.

Kesimpulan Forbes tidak dapat dianggap remeh, terlihat dari beberapa perusahaan besar yang sudah mulai mencanangkan, bahkan melakukan, pembenahan di seluruh kegiatan usahanya agar dapat mengakomodir nilai-nilai yang dianggap etis oleh konsumen.

Sebagai contoh, Google sudah mencanangkan untuk menggunakan sumber energi yang tidak menghasilkan polusi karbon (carbon-free energy) untuk pusat data dan kantornya di tahun 2030.

Apple bahkan mencanangkan menjadi perusahaan bebas karbon (carbon-neutral) pada tahun 2030 baik dari aspek operasional, aspek rantai pasokan (supply chain), dan siklus hidup produk (product life cycle).

Tidak hanya terkait lingkungan, pembenahan di aspek sosial juga mulai terlihat, salah satunya oleh Zilingo, yang sudah menargetkan untuk melakukan sertifikasi mitranya di industri garment untuk menjamin tidak ada praktik pekerja anak dan/atau pekerja dengan upah sangat minim pada ekosistemnya.

Tren conscious consumption bahkan juga sudah dimulai di beberapa negara melalui peraturan, seperti Uni Eropa yang mewajibkan sertifikasi bagi setiap kayu dan/atau produk kayu yang masuk UE untuk menjamin bahwa kayu bukan merupakan hasil pembalakan liar, dan di Belanda yang mewajibkan sertifikasi buah bagi produk buah yang ingin dijual di Belanda.

Tren ini tidak hanya berlangsung di negara maju, namun juga sudah mulai terlihat di negara-negara berkembang. Kesadaran konsumsi terlihat di negara Tiongkok, terutama di kalangan konsumen wanita muda yang lebih memperhatikan aspek sosial pada merek fashion.

Selain itu, di India, tren ini juga sudah terlihat pada tahun 2019 dan terakselerasi pada tahun 2020, terutama dalam aspek lingkungan dalam makanan.

Di Indonesia sendiri, tren sadar berkonsumsi juga mulai mendorong beberapa produsen untuk tidak lagi menyediakan sedotan plastik, kantung belanja dari plastik, dan bahkan mendorong beberapa merek kecantikan untuk beralih menggunakan bahan baku alami (non-kimia) dalam produknya untuk mengurangi limbah kimia yang berbahaya bagi ekologi.

_____________

Nah, dengan adanya pola baru yang akan dilakukan nanti, setidaknya konsumen dapat memilih produk mana yang terbaik untuk mereka serta lingkungan. Sama halnya seperti Cyberlink Networks. ISP di Cikarang ini mampu memberikan yang terbaik untuk konsumen.

ISP di Cikarang ini hadir dengan Layanan Cyberlink High Speed Internet. Layanan ini tidak hanya memberikan koneksi internet cepat dan stabil, tetapi juga di dukung oleh Customer Support responsif yang selalu siap membantu mengatasi permasalahan koneksi internet Anda.

Selain itu, demi menunjang aktivitas bisnis pelanggan, ISP di Cikarang itu juga memberikan jaminan konektivitas hingga 99% uptime.

Dengan di dukung oleh 3 link backbone yang terhubung dalam data center, ISP di Cikarang itu menjamin koneksi internet di perusahaan Anda akan menjadi lebih cepat dan stabil.

Apabila koneksi internet Anda tidak mencapai SLA 99% uptime setiap bulannya, maka Anda akan mendapat potongan biaya berlangganan internet dari ISP di Cikarang itu.

Previous Post
Benarkah Internet Sudah Masuk Dalam Kebutuhan Pokok Manusia?
Next Post
Sektor Perbankan dan Keuangan di Indonesia Jadi Target Serangan Siber

Related Posts

Open chat
1
Cyberlink Networks
Selamat datang di Cyberlink Networks
Ada yang bisa saya bantu?