Local SEO. Dalam beberapa tahun ke belakang, Google bermetamorfosa semula hanya sebagai sebuah mesin pencari, kini menjadi media promosi bisnis luar biasa bagi perusahaan di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Jutaan orang yang menggunakan Google dalam mencari informasi menjadi peluang dalam memasarkan produk atau jasa perusahaan-perusahaan.
Saat ini pun beragam cara dilakukan untuk memaksimalkan potensi bisnis, salah satunya adalah memastikan bisnis muncul di halaman pertama Google. Selain penggunaan SEO untuk cakupan yang lebih luas, Anda juga bisa memanfaatkan local SEO yang menjangkau target lokal atau mereka yang berada di sekitar area bisnis Anda.
Local SEO adalah metode optimasi SEO untuk meningkatkan visibilitas bisnis lokal. Cara ini akan membantu bisnis masuk di halaman pertama mesin pencari sehingga pengguna bisa menemukan Anda dengan mudah berdasarkan lokasi atau area terdekat.
Artinya, pengguna Google biasanya akan memakai keyword spesifik untuk menemukan bisnis lokal di sekitar mereka. Dengan begitu, algoritma Google akan memberikan hasil pencarian berdasarkan area. Dengan penerapan yang tepat, Anda akan mendatangkan lebih banyak traffic ke website maupun peningkatan pembelian.
Lalu bagaimana mempraktikan cara optimasi local SEO? Berikut kami sampaikan langkahnya yang dikutip dari berbagai sumber.
1. Gunakan Google Bisnisku
Apakah Anda sudah menggunakan Google My Business? Jika belum, segera buat akun dan lakukan verifikasi. Jika sudah memiliki akun, coba cek kembali kelengkapan profil Anda. Pastikan hal-hal berikut telah dilakukan sehingga bisnis lebih mudah ditemukan dalam pencarian lokal:
– Lokasi: Cantumkan alamat, dan verifikasi lokasi bisnis Anda.
– Nomor telepon: Pastikan nomor telepon yang tertera aktif.
– Kategori: Pilih kategori yang sesuai untuk menambah relevansi.
– Atribut: Jelaskan apa saja yang ditawarkan oleh bisnis Anda.
– Jam Operasional: Buat calon konsumen tahu kapan waktu yang tepat untuk menghubungi atau mengunjungi bisnis Anda.
– Foto: Tampilkan berbagai foto untuk membangun ekspektasi konsumen..
Dengan data Google My Business yang lengkap, bisnis Anda akan lebih mudah dideteksi atau diindeks oleh Google sehingga muncul di Google Search dan Google Maps.
2. Riset keyword
Bagaimana caranya untuk menaikkan peringkat website di hasil pencarian organik? Jawabannya adalah Riset Keyword. Keyword adalah kata kunci yang diketik oleh calon konsumen saat melakukan pencarian.
Dengan melakukan riset keyword, Anda akan memahami apa yang diinginkan konsumen, khususnya ketika mereka melakukan pencarian lokal. Selain itu, saat riset keyword, perhatikan juga volume pencarian, tingkat kesulitan keyword, saran kata kunci, Search Engine Result Page (SERP), dan search intent.
Untuk mengidentifikasi keyword, Anda dapat menggunakan SEO tools yang memiliki fitur riset keyword, salah satunya adalah Google Trends. Selain menunjukkan alur tren dari sebuah keyword, alat ini juga akan menampilkan kumpulan keyword terkait. Maka, cari keyword yang bisa membuat bisnis Anda relevan di pencarian lokal
3. Eksekusi on-page SEO
Fungsi utama dari on-page SEO adalah untuk mempermudah mesin pencari dalam memahami konten website Anda. Semakin mudah konten Anda dipahami, semakin mudah pula konten Anda muncul di hasil pencarian.
Ini berlaku juga untuk local SEO. Ketika website Anda mudah diidentifikasi oleh mesin pencari, maka website Anda akan lebih mudah muncul sebagai hasil yang relevan di pencarian lokal.
Optimasi on-page SEO juga memudahkan mesin pencari melakukan proses identifikasi, serta penilaian konteks konten dan relevansi website dengan keyword. Selain judul yang menarik, maksimalkan penggunaan heading dan subheading pada konten.
Tambahkan juga meta tags yang meliputi title tag dan meta description. Gunakan Google Webmaster Tools untuk melakukan analisa dan memastikan bahwa website Anda telah diindeks dengan benar oleh Google.
4. Membangun link
Link eksternal (backlink) yang mengarah ke website Anda itu penting. Semakin banyak jumlah link dari website lain ke website Anda, maka semakin banyak pula skor domain authority yang Anda kumpulkan.
Hal ini menunjukkan relevansi konten yang baik untuk pengguna sehingga berpotensi masuk dalam hasil pencarian teratas. Selain backlink, Anda juga harus memperhatikan link internal.
Link internal ini akan membantu meningkatkan page authority, yakni ketika pengguna menghabiskan waktu lebih lama di website Anda karena mereka bisa dengan mudah pindah dari satu halaman ke halaman lain.
5. Tambah NAP citations
NAP citations adalah kutipan biodata bisnis Anda di internet. Format dasarnya adalah: Nama, Alamat, dan Nomor telepon.
Kenapa ini penting? Karena, NAP citations juga salah satu faktor yang bisa membuat bisnis Anda relevan di pencarian lokal. Semakin sering biodata bisnis Anda muncul di internet, berarti bisnis Anda semakin eksis.
Di mana Anda bisa mulai menambah NAP citations? Tidak usah jauh-jauh, mulailah dari platform milik Anda sendiri – seperti website, akun media sosial, dan Google Bisnisku.
Selain itu, Anda juga bisa memasukkan informasi bisnis Anda ke situs-situs yang relevan, seperti:
– Website marketplace. Jika Anda menjual produk lewat marketplace seperti Tokopedia atau Bukalapak, lengkapi profil bisnis Anda selengkap mungkin di sana.
– Platform industri terkait. Cari platform yang cocok dengan bisnis Anda. Contohnya, apabila Anda punya bisnis penginapan, masukkan NAP bisnis Anda di akun Traveloka, Agoda, dan platform travel lainnya.
– Website listing. Anda juga bisa memasukan NAP citations di website-website khusus yang menawarkan listing bisnis.
6. Perhatikan setiap ulasan
Ulasan sangat berhubungan dengan local SEO. 87% orang membaca online review saat melakukan pencarian lokal. 9 dari 10 orang membaca ulasan online sebelum melakukan pembelian, dan salah satu bagian yang sering dilihat adalah star rating.
Maka dari itu, lakukan interaksi dengan mengajak pelanggan memberi ulasan serta merespons ulasan mereka. Jumlah dan keberagaman ulasan adalah dua indikator penting yang menunjukkan kredibilitas bisnis.
Nah, demikian penyampaian kami tentang optimasi Local SEO. jika Anda sedang memilih layanan internet seperti apa yang cocok untuk Anda, terutama dalam bisnis? Maka, kami menyarankan untuk berlangganan Cyberlink Network.
ISP di Bekasi ini hadir dengan Layanan Cyberlink High Speed Internet. Layanan ini tidak hanya memberikan koneksi internet cepat dan stabil, tetapi juga di dukung oleh Customer Support responsif yang selalu siap membantu mengatasi permasalahan koneksi internet Anda.
Selain itu, demi menunjang aktivitas bisnis pelanggan, ISP di Bekasi itu memberikan jaminan konektivitas hingga 99% uptime. Dengan di dukung oleh 3 link backbone yang terhubung dalam data center, ISP di Bekasi itu menjamin koneksi internet di perusahaan Anda akan menjadi lebih cepat dan stabil.
Apabila koneksi internet Anda tidak mencapai SLA 99% uptime setiap bulannya, Anda akan mendapat potongan biaya berlangganan internet.