Ini-Cara-Memperkuat-Brand-Awareness-Untuk-Pelaku-Bisnis

Ini Cara Memperkuat Brand Awareness Untuk Pelaku Bisnis

Blog

Bagi Anda yang suka berbelanja online pasti tidak akan asing dengan warna-warna otentik seperti hijau, orange dan merah. E-commerce/brand apa yang akan muncul dipikiran Anda? Jika Anda memikirkan sebuah brand, maka itu merupakan salah satu contoh sederhana dari brand awareness. Lalu, apa yang di maksud brand awareness dan bagaimana cara memperkuatnya?

Secara umum brand awareness dapat menunjukkan bagaimana pelanggan mengenali merek atau produk yang Anda jual. Hal ini dapat Anda ketahui dari cara mereka merespon setiap kali melihat produk.

Jika mereka mengacuhkannya, itu bisa menunjukkan bahwa tingkat brand awareness dari bisnis Anda masih rendah. Oleh sebab itu, membangun brand awareness merupakan langkah yang tepat untuk memasarkan perusahaan dan produk Anda, terutama pada tahap awal bisnis.

Pelaku bisnis yang ingin memperkuat brand awareness sebaiknya mempertimbangkan kehadiran website untuk jualan online. Alasannya, para pelaku bisnis leluasa merancang tampilan toko online sesuai dengan visual brand identity mereka.

Tak cuma itu, pelaku bisnis juga punya kontrol lebih dalam pengelolaan bisnis mereka. Misalnya, dalam hal pembuatan program promo, atau bahkan untuk pemanfaatan data penjualan.

Mengutip riset Google di Singapura, Indonesia, dan Thailand, pembeli rela mengeluarkan budget 20% lebih besar ketika memesan barang via situs web dari suatu brand, ketimbang via e-commerce. Sebanyak 69% pembeli juga mengandalkan situs web suatu brand untuk mencari promosi atau harga terbaik.

Bahkan, situs web juga cenderung meningkatkan kepercayaan dan loyalitas pembeli atas suatu brand; 42% pembeli merasa produk yang dibeli via situs web lebih tepercaya dan autentik. Sementara 41% lainnya meyakini informasi di situs web bersifat akurat.

Mengapa Brand Awareness Penting?

Ketika Anda ingin membeli sebuah barang, produk mana yang akan di pilih? Produk dari brand/merek yang Anda kenal atau yang tidak? Biasanya Anda pasti akan memilih produk yang sudah dikenali. Hal tersebut dapat terjadi karena brand dari produk tersebut telah atau sering Anda lihat sebelumnya.

Hal ini merupakan salah satu contoh dari sebuah bisnis yang berhasil membangun brand awareness-nya, sehingga Anda dapat dengan mudah mengenali brand tersebut.

Biasanya, sebuah bisnis akan melakukan segala hal untuk dapat mudah dikenali oleh calon pelanggan mereka. Mulai dari memasang iklan, mempromosikan produk di media sosial, dan masih banyak lagi. Hal tersebut merupakan beberapa cara untuk meningkatkan brand awareness.

Dengan memiliki brand awareness, sebuah bisnis dapat mudah dikenal oleh banyak orang. Ketika konsumen mengenal sebuah merek, mereka cenderung melakukan pembelian terhadap merek yang mereka kenal dari pada yang tidak. Dan ketika produk dari brand tersebut memiliki kualitas yang baik, maka dapat mempengaruhi kepercayaan mereka.

Bagaimana Cara Memaksimalkan Brand Awareness?

Ada sejumlah cara untuk memaksimalkan brand awareness. Salah satunya adalah menerapkan kaidah Search Engine Optimization (SEO). SEO Senior Lead di Tokopedia Frans Fernando, yang dikutip Liputan6, mengatakan bahwa penerapan SEO secara tepat dapat mendongkrak lebih banyak calon pembeli secara organik.

Frans pun membagikan 5 tips agar UMKM lokal dapat mengoptimalkan SEO supaya produk ditemukan pembeli di halaman mesin pencarian secara lebih mudah.

1. Cara Penulisan Nama Produk

Nama produk, kata Frans, merupakan hal pertama yang dicari oleh calon pembeli. Dia pun menilai, nama produk harus ditulis sesuai dengan produk yang dijual.

Hal ini disebut akan memudahkan calon pembeli menemukan produk yang diinginkan.

2. Deskripsi Produk Sesuai Kata Kunci

Dalam menuliskan deskripsi produk, penjual mesti memilih kata kunci (keywords) yang relevan. Itu bertujuan supaya calon pembeli lebih tertarik dan produk bisa muncul di halaman pencarian.

“Lengkapi deskripsi produk dengan jelas agar memudahkan pembeli mencari produk yang dibutuhkan,” ujar Frans.

Pelaku usaha jualan online, kata dia, bisa menggunakan fitur “Wawasan Pasar” di Tokopedia untuk mencari kata kunci produk yang sering dicari calon pembeli.

“Misalnya untuk produk Sambal, kata kunci yang relevan contoh Sambal Matah, Sambal Dabu-Dabu, dan Sambal Bawang,” tutur Frans menambahkan.

3. Tambahkan Tautan Relevan

Selain itu, penjual juga sebaiknya menambahkan tautan-tautan relevan di laman media sosial atau platform daring lainnya. Langkah ini juga disebut akan dapat membantu meningkatkan pengunjung, penjualan, dan kepercayaan calon pembeli.

“Menambahkan tautan akun toko Tokopedia di media sosial, serta menautkan ke situs yang relevan dengan produk juga akan mengoptimalkan performa SEO,” kata Frans.

4. Visual Produk Menarik

Hal lain yang juga mesti dipertimbangkan untuk membantu meningkatkan jumlah calon pembeli adalah mengoptimalkan visual produk. Dalam hal ini, pemilihan foto produk harus mampu menarik perhatian calon pembeli.

“Gunakan foto yang jelas, jernih dan menarik agar calon pembeli merasa terpikat untuk melihat produk Anda,” ujar Frans.

5. Kombinasikan Kata Kunci

Terakhir, kombinasi kata kunci yang saling berkaitan pada produk juga akan memudahkan calon pembeli menemukan barang yang lebih spesifik. Cara menamai produk yang baik menurut Frans adalah mencantumkan jenis produk, merek, dan keterangan (model/pola, tipe atau warna) secara berdampingan.

Dia mencontohkan, nama produk “Mukena Wanita (Merek) Merah Ukuran M” akan lebih mudah ditemukan oleh calon pembeli yang melakukan pencarian.

_______________

Nah, jika Anda sedang memilih layanan internet terbaik di Cikarang, maka, kami menyarankan untuk berlangganan Cyberlink Network, ISP di Cikarang.

ISP di Cikarang ini hadir dengan Layanan Cyberlink High Speed Internet. Layanan ini tidak hanya memberikan koneksi internet cepat dan stabil, tetapi juga di dukung oleh Customer Support responsif yang selalu siap membantu mengatasi permasalahan koneksi internet Anda.

Selain itu, demi menunjang aktivitas bisnis pelanggan, ISP di Cikarang itu juga memberikan jaminan konektivitas hingga 99% uptime.

Dengan di dukung oleh 3 link backbone yang terhubung dalam data center, ISP di Cikarang itu menjamin koneksi internet di perusahaan Anda akan menjadi lebih cepat dan stabil.

Apabila koneksi internet Anda tidak mencapai SLA 99% uptime setiap bulannya, maka Anda akan mendapat potongan biaya berlangganan internet dari ISP di Cikarang itu.

Previous Post
Peran Internet Sebagai Sumber Belajar Semakin Meningkat
Next Post
Benarkah Internet Sudah Masuk Dalam Kebutuhan Pokok Manusia?

Related Posts