Bukan menjadi rahasia umum bahwa setiap perusahaan yang mempraktekkan Search Engine Optimization (SEO) akan mendapatkan manfaat berupa membuat situs yang akan tampil di halaman utama pencarian, traffic meningkat dan tertarget, mendapatkan CTR, lebih kompetitif, meningkatkan penjualan dan masih banyak lagi lainnya.
Namun sayangnya, dalam pengaplikasian SEO masih banyak pemula yang melakukan kesalahan, sehingga apa yang ingin dicapai gagal total. Apa saja kesalahan yang harus dihindari? Nah, kali ini kami akan sampaikan untuk Anda yang dikutip dari berbagai sumber.
1. Menggunakan Keyword Stuffing
Keyword stuffing menurut Google adalah tindakan memanipulasi peringkat situs dalam hasil pencarian dengan cara menggunakan keyword yang berlebihan di halaman situs. Google tidak menyukai praktik yang juga dinamakan dengan blackhat SEO ini. Contoh dari keyword stuffing adalah:
- Memuat kata kunci di tiap halaman dan mencoba menipu bot agar peringkat situs naik.
- Mencari kata kunci di mesin pencari, namun ketika mengklik situs tersebut kata kunci yang dimaksud tidak ada dan tidak relevan dengan yang diinginkan pengguna.
- Memasukkan kata kunci yang sama berulang kali.
Pada contoh ketiga, memang tidak ada aturan pasti harus berapa kali kata kunci muncul, namun menurut Alexa sebaiknya keyword density itu tidak lebih dari 2 persen dalam satu artikel. Adapun Rumus untuk menghitung keyword density ini adalah
Keyword density = jumlah kata dalam salinan : jumlah keyword muncul (BOLD)
2. Tidak Ada SEO On site
SEO on site sering kali disebut juga dengan SEO on page. Praktek ini mengacu pada kegiatan untuk mengoptimalkan halaman web supaya bisa meningkatkan peringkat di mesin pencarian dan mendapatkan traffic organik.
Ada berbagai macam komponen dalam SEO on site yang harus dioptimalkan seperti mengoptimalkan headline, tag HTML (judul, meta dan header) dan gambar. Optimalisasi ini dilakukan agar mesin pencari mudah melakukan crawl pada situs untuk memahami konten dan struktur yang dimaksud.
Perhatikan pula bahwa tittle tag sebaiknya tidak boleh lebih dari 60 karakter dan meta description tidak boleh lebih dari 156 karakter.
3. Tidak memperhatikan SEO Teknis
SEO teknis memiliki maksud terkait pekerjaan yang berkaitan dengan situs web itu sendiri, kecuali konten. Oleh sebab itu, penting bagi kamu untuk dapat memberikan pengalaman terbaik bagi user saat membuka situs. Beberapa bagian SEO teknis yang harus diperhatikan di antaranya kecepatan situs
Situs yang cepat memuat memiliki indikator sebagai situs yang bagus di hadapan Google dan mudah dirayapi. Pengguna juga pasti menyukai laman situs yang cepat dimuat ketimbang situs yang lambat saat diakses.
Anda bisa mengecek kecepatan situsmu menggunakan Google Pagespeed Insight. Nantinya Google akan memberikan nilai pemuatan halaman di desktop dan mobile terhadap situs Anda.
Baca Juga: Pengenalan Dasar Apa Itu Search Engine Optimization Bagi Pemula (SEO Page)
4. Tidak mobile friendly
Kesalahan SEO lainnya yang terlupakan adalah dengan tidak memberikan tampilan situs yang mobile friendly. Tahukah Anda bahwa, baromater Konsumen Google mengindentifikasi bila negara Asia mendominasi dalam hal penggunaan smartphone.
Oleh sebab itu saat membuat situs sebaiknya pengembang atau pakar SEO untuk memperhatikan bahwa situs mereka ramah terhadap pengguna selular.
Situs yang ramah selular memiliki beberapa kriteria seperti membuka halaman situs dengan cepat, lokalisasi dan desain yang responsif serta navigasi yang mudah, dengan begitu Anda tidak akan kehilangan traffic dari segmen user telepon genggam.
5. Berharap hasil yang cepat dari SEO
Kesalahan SEO lainnya yang perlu diperhatikan yakni, berharap hasil yang instan dengan menjalankan sistem SEO ini. Pasalnya dengan melakukan upaya SEO, setidaknya memerlukan waktu 4 hingga 6 bulan untuk meningkatkan traffic melalui SEO organik. Terkecuali bila Anda menggunakan SEO berbayar seperti iklan di Google atau media sosial lainnya.
Untuk membuat konten Anda jadi bagian terbaik di mesin pencarian, diperlukan konsistensi untuk membuat konten yang bagus dan relevan disertai KPI yang cermat. Ingat, bahwa SEO adalah bagian dari investasi jangka panjang yang bukan bisa dapatkan dalam waktu yang sebentar.
Nah, jika Anda sedang memilih layanan internet seperti apa yang cocok untuk Anda, terutama dalam bisnis? Maka, kami menyarankan untuk berlangganan Cyberlink Network.
ISP di Bekasi ini hadir dengan Layanan Cyberlink High Speed Internet. Layanan ini tidak hanya memberikan koneksi internet cepat dan stabil, tetapi juga di dukung oleh Customer Support responsif yang selalu siap membantu mengatasi permasalahan koneksi internet Anda.
Selain itu, demi menunjang aktivitas bisnis pelanggan, ISP di Bekasi itu memberikan jaminan konektivitas hingga 99% uptime. Dengan di dukung oleh 3 link backbone yang terhubung dalam data center, ISP di Bekasi itu menjamin koneksi internet di perusahaan Anda akan menjadi lebih cepat dan stabil.
Apabila koneksi internet Anda tidak mencapai SLA 99% uptime setiap bulannya, Anda akan mendapat potongan biaya berlangganan internet.