membangun toko online

Bisnis Digital: Kiat-kiat Membangun Toko Online Untuk Pemula

Blog

Pada era digital saat ini setiap segi kehidupan manusia dapat dengan mudah dan cepat digapai. Hal itu karena hampir semua orang mempunyai akses terhadap internet tanpa batas dan mampu melakukan banyak hal seperti menjalani bisnis, silaturahmi, berjualan dan berbelanja online. Dalam menjalani bisnis, ada satu peluang yang bisa menjadi pundi-pundi pemasukan untuk Anda yakni adalah membangun toko online. Istilah ini sering disebut dengan e-commerce dan saat ini sedang menjamur karena mampu meringkas banyak waktu dibandingkan dengan cara berbelanja konvensional. Dengan adanya pembelian secara online ini juga menambah deretan aplikasi pembayaran (transaksi) yang juga mudah.

Toko online merupakan salah satu ide bisnis digital terbaik karena potensi cukup menjanjikan mengingat adanya pasar yang sangat luas serta target segmentasi yang sangat besar. Meski sudah ada pemain yang berkecimpung di toko online, namun peluang untuk mendapatkan target masih sangat besar. Untuk itu, membangun toko online Anda sendiri adalah pilihan bijaksana.

Sebelum melangkah, Anda perlu mengingat setelah memiliki toko online, tidak berarti langsung bisa moncer dan meraup omzet usaha miliaran rupiah. Agar toko online yang Anda didirikan bisa bertahan dan meraih sukses, Anda perlu merencanakan dengan baik kelebihan dan keunggulan toko online yang akan Anda bangun.

Berikut kami sampaikan kiat-kiat membangun toko online yang dikutip dari berbagai sumber;

1. Kenali Konsumen

Sebelum Anda mendirikan toko online, Anda harus bisa mengenali konsumen yang akan menjadi target market Anda. Mengenali konsumen sasaran ini sangat penting bagi kelangsungan toko online Anda. Apakah akan menyasar konsumen anak-anak, anak-anak millenial atau kelompok konsumen dewasa.

Dengan sasaran ini, Anda bisa menyuguhkan promosi atau desain dan user experience yang sesuai dengan segmen pasar toko online Anda. Dengan memahami hal ini, tentu saja kita akan mampu meraih perhatian dan loyalitas pelanggan.

2. Pilih Produk yang Tren

Selain konsumen, hal penting lain yang harus diperhatikan adalah menetapkan jenis barang akan ditawarkan di toko online. Sebaiknya Anda selalu menyediakan produk yang sedang menjadi tren di pasar yang kamu tuju.

Contohnya, jika memiliki toko online mainan anak-anak, setiap bulan Anda harus melihat mainan yang sedang menjadi tren dan memasukkannya ke toko online.

Belakangan, misalnya, sedang tren mainan spinner untuk anak-anak, maka di bulan Juli ini kamu segera berjualan mainan tersebut. Jangan lupa, Anda harus memanfaatkan tren ini untuk meningkatkan omzet usaha toko online .

3. Membandingkan Harga

Salah satu hal penting yang harus dilakukan oleh toko online, terutama toko-toko online yang baru launching adalah membandingkan harga. Pada akhirnya, harga akan menjadi faktor utama yang akan menentukan tingkat penjualan toko online Anda.

Jadi akan lebih bijaksana kalau sebelum menentukan harga sebuah produk, Anda perlu tahu dulu berapa harga pasaran produk tersebut di luar sana.

Hal ini terlihat sepele dan mendasar. Namun banyak sekali kasus di mana para pengelola toko online melupakannya. Jadi, jangan malas membandingkan harga toko online lain agar toko online Anda tetap bisa bersaing.

4. Customer experience

Kenali prime time, waktu di mana orang akan mencari barang yang kita miliki. Oleh karena itu, pengenalan konsumen dan pemilihan jenis produk harus dipahami terlebih dahulu untuk meningkatkan penjualan toko online.

Selain itu, perhatikan kemudahan dan layanan bagi konsumen dalam membeli barang-barang di toko online Anda. Jangan sampai proses pembelian berjalan lambat sehingga konsumen meninggalkan toko online Anda.

5. Promosi dan Iklan

Hal ini merupakan salah satu hal yang paling mendasar yang harus dilakukan semua bisnis. Maka dari itu, kita harus punya budget untuk promo dan iklan.

Usahakan melakukan branding sebaik mungkin meskipun toko kita kecil karena hal ini nantinya akan sangat berpengaruh apalagi kalau sampai toko kita berkembang pesat.

6. Sistem Pembayaran

Jangan lupa untuk membuat sebuah sistem pembayaran yang saling menguntungkan. Selain Anda yang diuntungkan, para konsumen juga harus merasa aman dan nyaman saat bertransaksi di online shop Anda. Jika memuaskan, para konsumen nantinya akan kembali lagi di toko online kita.

Jika memang tidak mampu melakukan itu, ada banyak jasa pembayaran online yang bisa kita gunakan. Kamu bisa menggunakan pembayaran melalui online banking maupun via ATM ke rekening pribadi atau rekening perusahaan. Setelah pembayaran dilakukan, segera lakukan konfirmasi ke konsumen agar konsumen merasa nyaman.

7. Berikan Testimoni

Testimoni ini merupakan hal yang bisa meningkatkan angka penjualan produk di toko online. Usahakan untuk meminta testimoni dari konsumen yang puas dengan palayanan toko online Anda sehingga testimoni ini bisa meyakinkan konsumen lain untuk percaya pada toko online Anda. Pada akhirnya kepercayaan konsumen adalah salah satu kunci utama kesuksesan sebuah toko online.

8. Memanfaatkan e-commerce marketplace

Meski Anda telah memiliki toko online sendiri, sebaiknya tetap memanfaatkan situs-situs marketplace untuk berjualan produk-produk atau jasa yang Anda jual. Contohnya situs marketplace yang populer saat ini Bukalapak, Tokopedia, Elevania, dan lain-lain.

Situs-situs ini bisa membantu Anda untuk meningkatkan penjualan. Pelajari lebih detail lagi kiat memasukkan produk dan berjualan di situs marketplace tersebut.

Penutup

Nah, demikian penjelasan kiat-kiat membangun toko online. Perlu diingat, untuk Anda yang ingin membuat toko online secara nasional jangan lupa pasang internet yang mumpuni. Cyberlink Networks hadir dengan Layanan Cyberlink High Speed Internet. Layanan ini tidak hanya memberikan koneksi internet cepat dan stabil, tetapi juga di dukung oleh Customer Support responsif yang selalu siap membantu mengatasi permasalahan koneksi internet Anda.

Selain itu, demi menunjang aktivitas bisnis pelanggan, ISP Bekasi ini memberikan jaminan konektivitas hingga 99% uptime. Dengan di dukung oleh 3 link backbone yang terhubung dalam data center, Cyberlink menjamin koneksi internet di perusahaan Anda akan menjadi lebih cepat dan stabil. Apabila koneksi internet Anda tidak mencapai SLA 99% uptime setiap bulannya, Anda akan mendapat potongan biaya berlangganan internet.

Previous Post
Aplikasi Dan Website Penanganan Bencana Alam Di Beberapa Negara
Next Post
Tutorial Cara Setting Mikrotik Standart (Video)

Related Posts

Open chat
1
Cyberlink Networks
Selamat datang di Cyberlink Networks
Ada yang bisa saya bantu?