Ingat!-Jeli-Dalam-Membaca-Tren-industri-eCommerce-Indonesia

Ingat! Jeli Dalam Membaca Tren Industri eCommerce Indonesia

Blog

Industri eCommerce Indonesia bisa dibilang saat ini sudah sangat berkembang dan menjadi andalan bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Bahkan, Open Labs menyatakan bahwa pandemi COVID-19 yang terjadi merupakan faktor yang memberikan dampak besar pada sektor eCommerce di Indonesia.

Menururt CEO Open Labs Jeffrey Yuwono yang dikutip dari merdeka.com, pihaknya cukup optimis dengan lanskap pertumbuhan eCommerce Indonesia di 2022. Hal ini ditunjukan oleh pertumbuhan eCommerce Indonesia yang stabil dalam beberapa tahun terakhir.

Ia mengatakan, laporan terakhir dari Technology-empowered Digital Trade in Asia Pacific, total ukuran pasar eCommerce Indonesia mencapai US$ 43.351 miliar (Rp 628.6 triliun) di 2021. Ukuran pasar tersebut menujukkan potensi eCommerce Indonesia mendekati potensi Korea Selatan dan Tiongkok.

Nah, berikut adalah beberapa tren industri eCommerce Indonesia yang perlu diperhatikan, menurut Open Labs:

Tren pertama pertumbuhan moderat e-commerce Indonesia. PDB Indonesia diproyeksikan tumbuh hanya sekitar 5% dan pertumbuhan PDB yang tidak besar ini berarti daya beli konsumen Indonesia tidak akan secara drastic meningkat di 2022. Dengan mempertimbangkan hal-hal tesebut, Open Labs percaya pertumbuhan sektor eCommerce Indonesia akan berada pada level moderat.

Tren kedua yakni, ketika tahun 2021, GMV (gross merchandise value) Indonesia mencapai nilai total $70 miliar, yang berarti peningkatan pertumbuhan tahun ke tahun mencapai sebesar 49%. Peningkatan pesat tersebut disokong oleh pertumbuhan 52% di sector eCommerce (e-Conomy SEA 2021).

Diproyeksikan pada 2025, ekonomi berbasis internet secara keseluruhan diprediksi mencapai $146 miliar, dengan tingkat pertumbuhan tahunan majemuk (CAGR) mencapai 20%. Laporan tersebut juga menyatakan bahwa pada 2030, ekonomi digital Indonesia akan diharapkan tumbuh 5 kali lipat hingga mencapai US$330 miliar (Rp 4,702 triliun).

Dan yang ketiga, Open Labs melihat bahwa fesyen/kecantikan dan makanan akan tetap menjadi kategori nomor 1 di bidang eCommerce dalam hal jumlah pelaku usaha dan nilai total penjualan. Keempat, live streaming serta kelima adalah tren keamanan.

Menurut Jeffrey hanya masalah waktu saja tren ini akan menguasai Indonesia. Karena Indonesia masih berada di tengah-tengah pandemi di tahun ini.

Nah, demikian kami sampaikan tentang perkembanganb eCommerce di Indonesia. Jika sedang memilih layanan internet kantor seperti apa yang cocok untuk Anda, terutama dalam bisnis? Maka, kami menyarankan untuk berlangganan Cyberlink Network, ISP Bekasi Timur.

ISP Bekasi Timur itu hadir untuk internet kantor ini dengan Layanan Cyberlink High Speed Internet. Layanan ini tidak hanya memberikan koneksi internet kantor cepat dan stabil, tetapi juga di dukung oleh Customer Support responsif yang selalu siap membantu mengatasi permasalahan koneksi internet kantor Anda.

Selain itu, demi menunjang aktivitas bisnis pelanggan, ISP Bekasi Timur untuk internet kantor itu memberikan jaminan konektivitas hingga 99% uptime. Dengan di dukung oleh 3 link backbone yang terhubung dalam data center, ISP Bekasi Timur untuk internet kantor itu menjamin koneksi internet kantor di perusahaan Anda akan menjadi lebih cepat dan stabil.

Apabila koneksi internet kantor Anda tidak mencapai SLA 99% uptime setiap bulannya, Anda akan mendapat potongan biaya berlangganan dari ISP Bekasi Timur untuk internet kantor itu.

Previous Post
10 Tips Bagaimana Tetap Semangat Di Awal Masuk Kerja
Next Post
Coba Cek Handphone Anda, Google Sudah Blokir 1,2 Juta Aplikasi ‘Jahat’

Related Posts

Menu
Open chat
1
Cyberlink Networks
Hallo
Ada yang bisa saya bantu?