Teknologi-Maju,-Ini-Pekerjaan-Yang-Sudah-Dan-Diprediksi-Bakal-Hilang

Teknologi Maju, Ini Pekerjaan Yang Sudah Dan Diprediksi Bakal Hilang

Munculnya berbagai teknologi canggih yang dibarengi berkembangnya internet di kalangan masyarakat membuat pekerjaan yang dulunya pernah di geluti manusia, sekarang sudah tidak terdengar rimbanya. Bahkan, beberapa ahli memprediksi sejumlah pekerjaan hilang akibat dari perkembangan teknologi dan internet.

Inovasi-inovasi teknologi yang saat ini sedang gencar memiliki dua belah mata pisau. Artinya, dengan kemunculan perkembangan teknologi membuat pekerjaan yang biasanya dilakukan secara manual bisa dilakukan sangat mudah. Namun sayangnya, perkembangan teknologi membuat beberapa pekerjaan yang dulunya pernah ditekuni masyarakat berangsur punah dari peredaran, yang menyebabkan bertambahnya pengangguran.

Berikut pekerjaan-pekerjaan yang sudah hilang dari peredaran dan diprediksi akan hilang dimasa yang akan datang, berdasarkan dari berbagai sumber.

Yang Sudah Hilang

1. Tukang foto keliling

Kini, jika dilihat lagi, semua handphone layar sentuh yang Anda gunakan sudah dilengkapi dengan fitur kamera. Yap, dengan adanya penggunaan kamera ini membuat Anda yang ingin mengabadikan momen indah pun bisa langsung menyimpannya di dalam handphone.

Kondisi ini akhirnya mengakibatkan tidak ada lagi masyarakat yang memakai jasa tukang foto keliling yang biasanya memang dijadikan sebagai sarana untuk mengabadikan foto.

2. Jasa memperbaiki mesin Tik

Lantaran, tersebarnya alat ketikan seperti Laptop ataupun Komputer, membuat mesin Tik yang dulunya dijadikan sebagai sarana untuk mengetik segala macam surat mulai ditinggalkan.

Karena sudah tidak digunakan lagi untuk mengetik, tentu semua hal yang berbau mesin Tik pun mulai punah. Seperti misalnya, punahnya jasa memperbaiki mesin Tik yang sering ditekuni dan mendatangkan rezeki bagi yang menekuninya.

3. Pengusaha warung telekomunikasi atau wartel

Dulu, sebelum adanya handphone layar sentuh, dapat dipastikan bagi Anda yang tidak memiliki telepon rumah pasti menggunakan layanan dari wartel alias warung telekomunikasi.

Namun, akibat dari bermunculannya handphone pintar yang bisa dibawa kemana saja dan bisa digunakan kapanpun, menyebabkan wartel pun harus gulung tikar.

Sehingga, membuat pengusaha wartel harus banting stir mengganti pekerjaan, karena sudah tidak ada lagi yang menggunakan wartel untuk media berkomunikasi.

Diprediksi Akan Hilang

1. Resepsionis

Dapat digantikan oleh Virtualia Receptionist

Tugas menerima panggilan telepon yang biasanya dimiliki oleh resepsionis saat ini sudah mulai dikerjakan oleh mesin penjawab atau sistem asisten virtual. Salah satu sistem yang mulai terkenal adalah virtual receptionist.

Di negara dengan teknologi maju seperti Jepang, peran resepsionis bahkan sudah tergantikan robot sungguhan.

2. Web Designer/Web Developer

Dapat digantikan oleh: The Grid

Konsep AI dari The Grid dirancang untuk melakukan pekerjaan seorang web designer atau developer, seperti desain dan coding dengan presisi tajam. Dengan sedikit input dari penggunanya, AI ini akan merancang sistem bisnis dan website sesuai kebutuhan.

3. Online Marketer

Dapat digantikan oleh: Persado

Persado dilengkapi data mengenai teknik persuasi yang menjadikannya cocok untuk perusahaan periklanan atau bidang marketing. Program ini juga sanggup memberi sentuhan pribadi dengan pesan-pesan yang dirancang sesuai untuk menargetkan klien sebagai individu.

4. Manajer Kantor

Dapat digantikan oleh: Betty

Saat ini Betty sedang dalam periode uji coba di Inggris untuk diluncurkan sebagai bot yang mampu menavigasi lingkungan kerja dan melakukan tugas terkait manajemen kantor, seperti menyapa tamu dan staf, mengontrol jam kerja dan lembur pegawai, serta melakukan inventory untuk perlengkapan kantor.

5. Akuntan

Dapat digantikan oleh: Smacc

Smacc mungkin bukan teknologi pertama yang membantu manusia melakukan digitalisasi proses akuntansi, namun teknologi sebelumnya masih butuh bantuan manusia untuk melakukan input data secara manual. Dengan Smacc, klien cukup menyerahkan bon dan dokumen yang dibutuhkan. Smacc akan mengubah data ini menjadi format yang kompatibel untuk dibaca mesin ini, melakukan enkripsi, dan perhitungan sesuai kebutuhan.

6. HR Recruitmen

Dapat digantikan oleh: FlatPi dan Mya

FlatPi dapat membaca lamaran kerja yang masuk dan mengategorikan kandidat sesuai kebutuhan lebih cepat dalam waktu beberapa detik saja. Sektor Human Resource konvensional juga mendapat tantangan dari FirstJob, perusahaan konsultasi karier, yang baru-baru ini meluncurkan chatbot bernama Mya yang bisa berinteraksi dengan kandidat untuk mengabarkan status lamaran kerja mereka.

7. Jurnalis

Dapat digantikan oleh: Wordsmith

Dunia kreatif pun tidak luput dari tantangan teknologi. Program AI semacam Wordsmith telah melalui sejumlah tahap uji coba untuk menulis berita. Program ini dapat melakukan riset dengan cepat dari kolam data yang besar, dan membuat laporan berita secara efisien.

Pada tahun 2014, Associated Press mulai menggunakan software cerdas untuk menulis laporan. Sitem Al yang digunakan oleh Associated Press, hingga kini sudah lebih dari 3.000 laporan ditulis tiap tiga bulan. Kalau satu orang menulis 3.000 laporan dalam waktu tiga bulan bisa-bisa dia enggak tidur sama sekali. Situs website di masa depan bisa jadi penulisnya bukan manusia lagi ya, melainkan robot.

8. Pengacara

Dapat digantikan oleh: Ross

Lebih seperti asisten pengacara, Ross dapat melakukan riset, menyediakan teori hukum yang relevan, dan mencari data yang berhubungan dengan kasus. Semua ini adalah jenis pekerjaan yang biasanya menghabiskan banyak waktu. Efisiensi Ross pun menarik perhatian firma hukum Amerika Serikat, Baker & Hostetler untuk bekerja bersama dengan 50 pengacara di sektor hukum kepailitan.

9. Dokter

Dapat digantikan oleh: Babylon

Diagnosa penyakit sendiri mungkin tidak disarankan oleh pekerja medis profesional, namun seiring perkembangan zaman, robot dan aplikasi konsultasi kesehatan mulai meraih kepopuleran, misalnya aplikasi Alodokter di Indonesia.

Aplikasi robot Babylon selain dapat melayani konsultasi personal juga dapat menjadi asisten yang menyimpan data kesehatan Anda untuk keperluan masa depan. Layanan kesehatan publik Inggris (British National Health Service) pun sedang melakukan tes terhadap efektivitas Babylon.

10. Psikolog/Terapis

Dapat digantikan oleh: Ellie

Menggunakan sensor Kinect yang sensitif membaca dan merespon bahasa tubuh klien, Ellie adalah program AI yang dapat tersenyum, mengangguk, dan menggelengkan kepala menggunakan avatar komputer, selayaknya psikolog yang mendengarkan keluhan pasiennya. Kabarnya banyak klien yang lebih memilih untuk konsultasi dengan Ellie daripada psikolog biasa.

11. Asuransi Badan Pengawas dan Perwakilan Klaim

Di Jepang, badan asuransi bernama Fukoku Mutual Life Insurance baru-baru ini mengganti 30 klaim asuransi kesehatannya dengan sistem Al berbasis IBM’s Watson Explore. Software ini bisa menganalisis dan menafsirkan semua data kita, termasuk teks, gambar, audio, dan video yang tidak terstruktur. Sistem ini bisa melakukan pekerjaannya lebih baik dan lebih cepat daripada yang dapat dilakukan manusia.

12. Teller Bank dan Representatives

Kita ketahui mesin ATM adalah robot pertama yang berperan dalam dunia perbankan, lalu ada aplikasi smartphone. Saat ini, nasabah bank dapat mengambil uang tunai, transfer dana, membayar tagihan, hingga membeli pulsa melalui mesin ATM. Melalui sebuah mesin khusus lainnya, nasabah pun dapat menyetor uang tunai ke rekeningnya.

Selanjutnya, pekerjaan teller bank dan juga representative bakal diganti juga sama robot, yaitu AI. AI ini tugasnya enggak hanya bisa melakukan transaksi tunai, tapi dia juga bisa membantu kita dalam membuka rekening dan memproses pinjaman dengan memakan waktu sangat singkat dibandingkan dengan manusia.

Jadi, AI ini mesin yang menyerupai ATM dengan kemampuan bisa melakukan 90% pekerjaan perbankan manusia!

13. Analisis Keuangan

Dalam sebuah perusahaan, mereka membutuhkan orang yang bisa bekerja sebagai analisis keuangan dengan sense yang tajam sehingga dia bisa melihan tren yang akan terjadi di masa yang akan datang.

Fyi, sekarang udah ada software analisis keuangan cerdas yang bisa membaca dan mengenali tren data historis untuk memprediksi pergerakan pasar di masa depan. Memang sih kalau soal memori dan pencarian data, kemampuan mesin akan jauh lebih hebat dan cepat dibandingkan kemampuan manusia.

14. Pekerja Konstruksi

Dapat digantikan oleh SAM

Ternyata, pekerjaan manual yang kita kira hanya bisa dilakukan oleh manusia juga terancam tergantikan oleh tenaga robot. Tukang batu bata robot akan segera diperkenalkan ke lokasi konstruksi yang memungkinkan mesin robot ini bisa menggantikan dua sampai tiga pekerja manusia.

Sistem ini bernama SAM (Semi-Automated Mason), yang bisa meletakkan 1.200 batu bata dalam satu hari, sementara normalnya manusia hanya bisa meletakkan 300 sampai 500 saja. Perusahaan pasti akan mempertimbangkan perbedaan kualitas dan kuantitas antara yang dikerjakan manusia dengan robot.

15. Supir Taksi

Dapat digantikan oleh mobil otonom.

Di saat supir taksi konvensional terancam dengan transportasi online, nanti di masa depan mereka semua akn terancam dengan kehadiran kendaraan otomatis yang ada di jalan.

Dalam 3 tahun ke depan, kota-kota di dunia akan memiliki armada self-driving taxis. Perusahaan Uber lagi menguji jenis kendaraan otomatis dan Singapura adalah negara pertama yang sudah memasang beberapa sistem ini dan diuji coba di jalan.

Senior Vice President perusahaan teknologi Salesforce Peter Schwartz memprediksikan, “mobil pribadi (dengan sopir) akan semakin jarang.”

Penutup

Nah, demikian kami sampaikan pekerjaan yang sudah hilang dan diprediksi akan hilang dimasa depan. Jika Anda sedang memilih layanan internet maka kami rekomendasikan Cyberlink Network.

ISP di Bekasi ini hadir dengan Layanan Cyberlink High Speed Internet. Layanan ini tidak hanya memberikan koneksi internet cepat dan stabil, tetapi juga di dukung oleh Customer Support responsif yang selalu siap membantu mengatasi permasalahan koneksi internet Anda.

Selain itu, demi menunjang aktivitas bisnis pelanggan, ISP di Bekasi itu memberikan jaminan konektivitas hingga 99% uptime. Dengan di dukung oleh 3 link backbone yang terhubung dalam data center, ISP di Bekasi itu menjamin koneksi internet di perusahaan Anda akan menjadi lebih cepat dan stabil.

Apabila koneksi internet Anda tidak mencapai SLA 99% uptime setiap bulannya, Anda akan mendapat potongan biaya berlangganan internet.

Previous Post
Perkembangan Teknologi Pudarkan Kebiasaan Sehari-hari Masyarakat
Next Post
Pengenalan Dasar Apa Itu Search Engine Optimization Bagi Pemula (SEO Page)

Related Posts

Menu
Open chat
1
Cyberlink Networks
Hallo
Ada yang bisa saya bantu?