Mengenal Apa itu Jaringan Internet LAN

Buat kamu yang sering berkecimpung di dunia internet pasti tidak asing dengan LAN, MAN, WAN dan PAN. Keempat hal tersebut merupakan jenis-jenis jaringan dalam komputer dan membuat setiap komputer antar jaringan saling terhubung. Lalu, apa sebenarnya pengertian dari LAN, MAN, WAN dan PAN? Untuk itu kami akan membedah informasi tentang jenis-jenis jaringan internet tersebut secara lengkap untuk kamu.

LAN yang memiliki kepanjangan Local Area Network. Jaringan LAN didefinisikan sebagai jaringan komputer yang cakupannya untuk area yang kecil atau tidak begitu luas. Biasanya ada dalam satu area baik itu satu ruangan, satu sekolah, satu gedung perkantoran, dan lain sebagainya. Jenis jaringan yang umum diterapkan di area perkantoran biasanya adalah jaringan LAN. Sebab jaringan tersebut hanya bisa menghubungkan antara satu komputer ke komputer lain yang jaraknya berdekatan.

Jaringan LAN memiliki beberapa fungsi yang sangat berguna untuk kamu, yakni, membantu mempercepat arus informasi dari server (komputer inti/induk) ke user (komputer turunan), memudahkan setiap user saat ingin mengakses informasi, membantu mengimplementasikan sistem informasi manajemen, memudahkan proses pengecekan database di server, mempermudah komunikasi setiap karyawan dari berbagai divisi dan membantu menjaga keamanan data perusahaan atau instansi.

Walaupun penggunaan jaringan LAN memiliki cakupan area cakupannya paling sempit, namun memiliki beberapa kelebihan yang sangat baik. Berikut daftar lengkap keuntungan jaringan LAN.

1. Lebih Ekonomis

Berkat cakupan area jaringan LAN yang terbatas atau sempit, maka kebutuhan perangkat jaringan dan jumlahnya lebih sedikit. Selain itu tidak memerlukan jaringan telekomunikasi, artinya tidak perlu terhubung ke internet sehingga lebih ekonomis.

2. Kebutuhan Kabel Lebih Sedikit

Perangkat jaringan untuk area yang terbatas dari LAN, membuat jumlah yang dibutuhkan lebih sedikit. Misalnya untuk kabel yang menjadi penghubung satu server ke user akan menjadi jauh lebih pendek.

3. Keamanan Data Terjamin

Mengapa sih jika menggunakan LAN, bisa lebih aman? Hal ini karena sifat LAN yang lokal (hanya satu area kecil saja) membuat keamanan data lebih terjamin. Resiko kebobolan hanya mungkin terjadi jika dilakukan pihak internal. Sebab selain areanya lokal juga tidak terhubung dengan internet.

4. Data Terpusat

Data di dalam jaringan LAN sifatnya terpusat, yakni di komputer induk yang merupakan server. Server ini menyajikan data yang bisa diakses dengan perangkat yang statusnya user.

Walau demikian, jaringan LAN juga memiliki kekurangan dan kondisi ini yang perlu kamu ketahui lebih lanjut supaya dapat lebih tanggap dalam hal perawatan.

1. Semakin banyak komputer yang terhubung maka kinerja setiap komputer menjadi lambat

2. Jika salah satu komputer terserang virus maka akan menyerang komputer lain dengan cepat

3. Software yang digunakan wajib bersifat multiuser dan dibutuhkan alat untuk mengontrolnya

Nah, biar koneksi internet kamu makin ngebut, manfaatkan jaringan dari Cyberlink Networks. Cyberlink merupakan Internet Service Provider (ISP) di Bekasi yang hadir dengan layanan Cyberlink High Speed Internet. Layanan ini tidak hanya memberikan koneksi internet cepat dan stabil, tetapi juga dukungan Customer Support yang responsif, yang selalu siap membantu kamu mengatasi permasalahan koneksi internet yang dihadapi.

Menu
Open chat
1
Cyberlink Networks
Hallo
Ada yang bisa saya bantu?