Perbedaan Jaringan Internet Dedicated Dan Up To (Shared)

Blog, Internet

Pada dasarnya jaringan internet di Indonesia terbagi dalam 2 jenis jaringan. Dedicated dan Up To (share). Jaringan internet apa yang Anda gunakan di perusahaan? Dan jenis jaringan mana yang terbaik untuk perusahaan Anda?

Pada artikel kali ini, kami ingin sharing tentang perbedaan jaringan dedicated dan up to bandwidth. Jika Anda belum tahu ke dua jenis jaringan ini, alangkah baiknya jika Anda membaca terlebih dahulu perbedaan keduanya. Agar Anda tidak salah dalam memilih ISP untuk perusahaan Anda.

Koneksi internet cepat dan stabil adalah keinginan setiap perusahaan ketika mereka berlangganan internet provider. Namun terkadang, karena kurang memahami jenis internet untuk kantor, akhirnya tidak sedikit dari mereka yang salah memilih ISP untuk memenuhi kebutuhan perusahaanya.

Hal ini pasti akan berdampak buruk bagi perusahaan Anda. Apalagi jika Anda sudah terlanjur memasang internet untuk kantor Anda, dan ternyata jenis internet yang Anda gunakan ternyata tidak dapat memenuhi kebutuhan perusahaan Anda.

Seperti yang sudah kami jelaskan di awal, ada 2 jenis jaringan internet yang banyak di jual di Indonesia. Dedicated dan Up To (Shared) Bandwidth. Ke dua jenis jaringan ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Bagi Anda yang belum mengetahui perbedaan dari kedua jaringan internet tersebut, berikut penjelasan lengkapnya.

Up To Bandwidth (Shared)

Jaringan internet berjenis up to (shared) bandwidth adalah jenis jaringan yang biasa digunakan untuk internet rumahan. Karena internet yang di berikan oleh ISP tersebut di bagi sesuai dengan ketentuan yang telah diatur penyedia ISP tersebut.

Di Indonesia, jenis Up To ini berbading 1:4 ada juga yang 1:8, artinya koneksi internet yang di hantarkan ke rumah Anda akan di bagi dengan 4, 8 rumah atau bahkan lebih. Jadi misalkan Anda berlangganan internet up to 10 Mpbs. Anda tidak akan mendapatkan 10 Mbps tersebut, karena bandwidthnya nanti dibagi dengan jumlah rumah yang berlangganan internet yang sama dalam satu wilayah.

Kondisi seperti ini, biasanya akan berdampak pada kecepatan akses internet Anda. Makanya jangan heran, jika siang koneksi internet Anda lambat, tapi pas malam hari koneksi internetnya justru lebih cepat. Itu artinya, pada malam hari tidak ada user di perumahaan lain yang sedang menggunakan internet, jadi Anda mendapat bandwidth lebih banyak.

Jenis up to (shared) bandwidth memiliki harga paket bulanan yang sangat murah. Itulah mengapa banyak perusahaan yang memasang jaringan internet jenis ini dan akhirnya kecewa karena koneksi internetnya selalu lambat dan tidak stabil. Hingga membuat kegiatan operasional perusahaan terganggu.

Dedicate Bandwdith

Jaringan internet berjenis dedicated bandwidth berbeda dengan up to (shared). Jaringan ini lebih baik jika digunakan untuk kantor, mengapa? Karena koneksi internet atau bandwidth yang Anda dapatkan sesuai dengan paket berlangganan internet yang Anda ambil.

Misalnya, perusahaan Anda berlangganan jaringan internet dedicated 2 Mpbs. Bandwidth yang Anda dapatkan tetap sebesar 2 Mbps, tanpa di bagi oleh kantor-kantor yang ada di sekitaran kantor Anda.

Itulah kenapa dedicated jauh memiliki koneksi internet yang lebih cepat dan stabil. Karena bandwidth yang mereka dapatkan sama dengan paket yang diambil, dan bandwidth tersebut hanya di gunakan oleh perusahaan tersebut. Berbeda dengan upto, dedicated memiliki jaringan internet berbanding 1:1.

Ketidak tahuan perusahaan tentang jenis internet yang di jual di Indonesia. Akhirnya membuat banyak perusahaan menggunakan jaringan internet berjenis up to untuk perusahaannya.

Baca Juga:
Apa itu website?Pengertian, Jenis, Manfaat dan Komponen (Free Digital Products)

Baca Juga:
Cara Cepat Dapat Uang Dari Internet

Sebenarnya bukan salah dari penyedia internet providernya juga, jika terjadi hal seperti ini.

Dengan membaca artikel perbedaan jaringan internet dedicated dan upto bandwidth diatas, semoga perusahaan Anda tidak lagi salah dalam memilih ISP di Bekasi, atau di kota-kota lainnya.

Ingin mengetahui lebih lanjut fasilitas premium apa saja yang akan Anda dapatkan ketika berlangganan Cyberlink High Speed Internet?

Klik link dibawah ini.

Ingin mengetahui lebih lanjut bagaimana kami dapat membantu Anda mengatasi koneksi internet yang lambat dan tidak stabil?

Klik link dibawah ini.

Ingin mengetahui lebih lanjut bagaimana kami dapat membantu Anda mendapatkan koneksi internet cepat dan stabil?

Klik link dibawah ini. Customer Support kami akan segera menghubungi Anda.

Previous Post
3 Poin Penting Sebelum Memutuskan Berlangganan ISP di Cikarang
Next Post
2 Cara Mempercepat Koneksi Internet Di Perusahaan Anda

Related Posts

Open chat
1
Cyberlink Networks
Selamat datang di Cyberlink Networks
Ada yang bisa saya bantu?