Lokasi-Koneksi-Tercepat-di-Indonesia

Dimana Koneksi Internet Tercepat di Indonesia?

Blog

Sebuah survei dilakukan Yayasan Internet Indonesia yang menyebutkan pada tahun 2021 tercatat ada 220,25 juta penduduk Indonesia sudah terkoneksi internet. Survei tersebut juga menunjukkan, jumlah pengguna internet di Tanah Air 2021 tumbuh 7,2% dari tahun sebelumnya. Namun akan sangat menarik jika menilik wilayah mana yang memiliki koneksi internet tercepat.

Sebagian besar berfikir bahwa Indonesia bagian barat menjadi wilayah yang memiliki koneksi internet tercepat, mengingat wilayah ini bisa dibilang mempunyai jumlah provinsi maupun populasi penduduk terbanyak, khususnya jumlah populasi penduduk seperti kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi dan Tanggerang.

Kawasan ini juga menjadi pusat kota sekaligus pusat mata pencaharian di Indonesia. Maka tak heran jika latar belakang tersebut membuat segala hal yang berkaitan dengan aspek-aspek kehidupan, selalu bermula di wilayah Indonesia barat. Mulai dari kebudayaan, Kesehatan, Ekonomi, Teknologi bahkan perputaran arus globalisasi sekali pun.

Akan tetapi, walaupun terlihat lebih maju dibandingkan dengan wilayah Indonesia lainnya. koneksi internet tercepat di Indonesia tidak berada di wilayah Indonesia barat, melainkan di wilayah Indonesia timur dan wilayah Indonesia tengah.

Alasan dibalik mengapa wilayah Indonesia barat, menurut OpenSignal ini bukan karena Jawa memiliki jaringan yang lebih lemah atau kurang canggih, melainkan justru sebaliknya.

Hal ini dikarenakan operator cenderung fokus pada peningkatan jaringan dan kapasitas di kota-kota besar, mereka sering gagal memenuhi kebutuhan data seluler dari penduduk kota yang padat dan menyukai adanya teknologi. Lalu, di daerah mana saja koneksi internet tercepat di Indonesia berada?

Mengutip dari beberapa sumber yang ada, inilah tiga daerah yang memiliki koneksi internet di Indonesia:

1. Provinsi Papua Barat
Posisi pertama diduduki oleh provinsi Papua Barat yang terletak di wilayah Indonesia timur dengan kecepatan 12,97 Mbps.
2. Nusa Tenggara Timur (NTT)
Posisi kedua diduduki oleh Nusa Tenggara Timur yang terletak di wilayah Indonesia tengah dengan kecapatan 12,89 Mbps.
3. Bali
Posisi ketiga diduduki oleh Bali yang terletak di wilayah Indonesia tengah dengan kecapatan 12,55 Mbps.

Beberapa provinsi lain memiliki kecepatan unduh di bawah rata-rata nasional. Contohnya termasuk Sumatera Barat 6,92 Mbps, Jawa Tengah 7,34 Mbps dan terakhir Provinsi Maluku Utara dengan 7,36 Mbps.

Cepat atau lambatnya internet yang dialami bisa disebabkan karena provider internet yang digunakan, letak suatu tempat dimana kita berpijak ketika sedang mengakses internet dan lain hal.

Apa penyebab Papua Barat, NTT dan Bali bisa memiliki koneksi internet tercepat?

a. Adanya stabilitas antar pengguna dan operator

Alasan ketiga daerah ini mempunyai koneksi internet tercepat dikarenakan permintaan pengguna yang seimbang dengan pembangunan kapasitas oleh operator seluler, sehingga tidak terjadi persaingan yang ketat. Maksud dari persaingat ketat disini adalah batasan dari koneksi internet yang dipakai oleh para pengguna stabil dan terbagi rata antar satu sama lain.

b. Populasi yang tidak begitu banyak

Bersinggungan dengan stabilitas antar pengguna dan operator, populasi yang sedikit juga menghasilkan sedikitnya para pengguna internet. Semakin sedikit pengguna internet di daerah tersebut, semakin cepat koneksi internet berjalan. Hal ini dikarenakan pemakaian internet melewati batas maksimal dan tidak overload seperti di wilayah perkotaan.

Tidak usah khawatir, para pengguna internet di wilayah Indonesia barat pun bisa memiliki koneksi internet yang cepat asalkan memilih provider yang tepat seperti halnya dengan memilih Cyberlink Networks, ISP Bekasi Selatan.

ISP Bekasi Selatan ini hadir dengan Layanan Cyberlink High Speed Internet. Layanan ini tidak hanya memberikan koneksi internet cepat dan stabil, tetapi juga di dukung oleh Customer Support responsif yang selalu siap membantu mengatasi permasalahan koneksi internet Anda.

Selain itu, demi menunjang aktivitas bisnis pelanggan, ISP Bekasi Selatan itu memberikan jaminan konektivitas hingga 99% uptime.

Dengan di dukung oleh 3 link backbone yang terhubung dalam data center, ISP Bekasi Selatan itu menjamin koneksi internet di perusahaan Anda akan menjadi lebih cepat dan stabil.

Apabila koneksi internet Anda tidak mencapai SLA 99% uptime setiap bulannya, Anda akan mendapat potongan biaya berlangganan internet dari ISP Bekasi Selatan itu.

Previous Post
Mengenal Tentang Apa Itu SWDKLLJ Berikut Dengan Besaran Santunan
Next Post
Bingung Estimasi Biaya Perjalanan? Google Rilis Fitur ‘Cek Tarif Tol’

Related Posts

Menu
Open chat
1
Cyberlink Networks
Hallo
Ada yang bisa saya bantu?