Apa-Itu-Work-Form-Anywhere

Apa Itu Work Form Anywhere dan 10 Perusahaan Yang Terapkan Permanen

Dalam beberapa pekan terakhir, kita sering mendengar adanya istilah Work From Anywhere (WFA) atau yang disebut bekerja dari mana saja. Skema WFA ini sebetulnya ditujukan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN), namun ada juga 10 perusahaan di Indonesia yang sudah permanenkan sistem WFA untuk karyawan mereka.

Seperti diketahui, Pemerintah saat ini tengah mengkaji rencana penerapan WFA bagi ASN. Kebijakan ini tengah ditelaah setelah pemerintah mengklaim berhasil menerapkan praktik Work from Office (WFH) dan Work from Home (WFH) selama pandemi COVID-19. WFA adalah suatu sistem kerja yang dapat dilakukan di mana saja.

WFA tidak membatasi karyawannya untuk bekerja di kantor (WFO) atau di rumah (WFH) saja. Karyawan bebas memilih tempat kerja dan tidak dibatasi oleh pihak perusahaan. Yang terpenting dari WFA adalah terkoneksi dengan kantor pusat dan dapat menyelesaikan pekerjaannya dengan baik.

Tujuan dari WFA adalah memberikan rasa nyaman kepada karyawan karena dapat bebas memilih tempat untuk bekerja sehingga diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dan inovasi.

Jika karyawan dapat meningkatkan produktivitas dan inovasinya, maka pekerjaan yang dilakukan akan membuahkan hasil yang maksimal. Hal tersebut juga akan memengaruhi kinerja perusahaan menjadi lebih baik.

Selain itu, WFA bermanfaat untuk memberikan kesempatan karyawan untuk healing sejenak agar tidak mengalami permasalahan yang berhubungan dengan kesehatan mental.

Perusahaan di Indonesia yang menerapkan WFA

Kendati demikian, penerapan WFA tidak hanya dilakukan oleh ASN saja, melainkan adan juga perusahaan-perusahaan yang sudah menerapkan sistem ini, bahkan mempermanenkan sistem ini. Berikut 10 perusahaan Indonesia yang mulai menerapkan WFA secara permanen, yang dikutip dari berbagai sumber:

1. eFishery

Perusahaan yang bergerak di bidang akuakultur ini disebut sebagai salah satu perusahaan Indonesia yang menerapkan sistem Work From Anywhere. Sejak memberlakukan WFH ketika pandemi dikatakan jika produktivitas di kantor mereka justru jadi meningkat. Karena itu, mereka memutuskan untuk WFA selamanya.

2. Blibli

Dalam postingannya, situs belanja Blibli juga mengumumkan bahwa pekerja di perusahaan mereka bisa menjalankan tugasnya dari mana saja. Sistem WFA diambil setelah mereka berhasil melewati masa pandemi dan menemukan peningkatan produktivitas saat kebanyakan staf bekerja dari rumah.

3. Stockbit dan Bibit

Kedua startup di bidang finansial itu pun mengambil langkah yang mulai jadi tren di perusahaan Indonesia. Sejak Februari tahun ini, mereka menerapkan sistem remote atau bekerja dari mana pun di luar kantor untuk meningkatkan produktivitas sekaligus kualitas kerja pegawai.

4. Ajaib

Kebanyakan dari perusahaan yang melakukan WFA adalah startup. Startup lain yang tak menuntut pekerjanya datang ke kantor adalah Ajaib. Setelah melewati masa adaptasi dan percobaan, aplikasi investasi saham dan reksa dana itu pun menerapkan WFA awal tahun ini.

5. Happy Fresh

Dilihat dari lowongan kerja yang diunggah, aplikasi belanja bahan makan ini juga menerapkan sistem remote. Memberikan fleksibilitas, beberapa pekerja tidak diharuskan datang ke kantor, misalnya saja untuk profesi Backend Engineer.

6. Flip

Aplikasi keuangan lain yang menerapkan WFA adalah Flip. Bisa bekerja di rumah atau di kafe, mulai bulan lalu perusahan yang sudah WFA selama dua tahun tersebut sudah resmi membebaskan para pegawainya. Flip pun memberikan benefit, seperti laptop, meja, kursi, dan biaya internet untuk mendukungnya.

7. Amartha

Amartha yang juga bergerak di bidang fintech memberlakukan WFA mulai 2022. Tapi belum tentu untuk selamanya, perusahaan investasi online itu masih menerapkannya sampai akhir tahun saja. WFA sendiri dinilai bisa meninkgkatkan kestrabilan produktivitas dan kualitas kerja para staf.

8. CoLearn

CoLearn sudah cukup lama memperbolehkan para pegawainya untuk Work From Anywhere. Seperti kebanyakan perusahaan, mereka melihat cara kerja tersebut lebih efektif dalam hal produktivitas dan kesehatan mental pekerjanya. Karena itu, sistem remote dilanjutkan sampai tahun ini.

9. Niagahoster

Baru-baru ini Niagahoster mengumumkan bahwa perusahaan mereka akan menerapkan sistem WFA dalam jangka panjang. Dianggap lebih efisien, perusahaan yang sudah menerapkan WFH sejak pandemi itu akan melanjutkannya paling tidak hingga akhir tahun.

10. Amar Bank

Amar Bank menjadi salah satu perusahaan yang bisa dibilang awal dalam menerapkan WFA. Dikatakan jika bidang korporasi berjalan cukup efektif meski para pekerjanya tidak datang ke kantor. Sistem kerja hybrid (antara WFA dan WFO) sampai saat ini diterapkan untuk meningkatkan kualitas kerja dan kesejahteraan pegawai.

Nah, demikian kami sampaikan tentang apa itu WFA dan 10 perusahaan yang menerapkannya. Jika sedang memilih layanan internet kantor seperti apa yang cocok untuk Anda, terutama dalam bisnis? Maka, kami menyarankan untuk berlangganan Cyberlink Network, ISP Bekasi Utara.

ISP Bekasi Utara itu hadir dengan Layanan Cyberlink High Speed Internet. Layanan ini tidak hanya memberikan koneksi internet cepat dan stabil, tetapi juga di dukung oleh Customer Support responsif yang selalu siap membantu mengatasi permasalahan koneksi internet Anda.

Selain itu, demi menunjang aktivitas bisnis pelanggan, ISP Bekasi Utara itu memberikan jaminan konektivitas hingga 99% uptime. Dengan di dukung oleh 3 link backbone yang terhubung dalam data center, ISP Bekasi Utara itu menjamin koneksi internet kantor di perusahaan Anda akan menjadi lebih cepat dan stabil.

Apabila koneksi internet kantor Anda tidak mencapai SLA 99% uptime setiap bulannya, Anda akan mendapat potongan biaya berlangganan dari ISP Bekasi Utara itu.

Previous Post
Korea Selatan Kembangkan Layanan Internet 6G, Bakal Diluncurkan Tahun 2026?
Next Post
Bareng Kemenkominfo, Google Bakal Terbitkan 5000 Sertifikat Karir

Related Posts

Menu
Open chat
1
Cyberlink Networks
Hallo
Ada yang bisa saya bantu?